Lihat Nih, 63 Batang Pisang Berdiri di Tengah Jalan untuk Meriahkan Maulid Nabi

Wacana.info
Kemeriahan Maulid Nabi di Lingkungan Rimuku. (Foto/Instagram)

MAMUJU--Ada yang unik dari perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di lingkungan Rimuku, Mamuju. Warga di sana punya cara tersendiri dalam memeriahkan Maulid Nabi akhir zaman itu.

Sebanyak 63 pohon batang pisang berdiri tegak di tengah jalan Ranggong, Rimuku Mamuju sebagai bentuk kemeriahan Maulid. Kepala Lingkungan Rimuku, Heru Purnomo pun berbagai kepada WACANA.Info ihwal aksi unik masyarakat tersebut.

"Ini adalah cara warga dalam memeriahkan Maulid Nabi di Rimuku, Ada 63 batang pohon pisang yang berdiri di tengah jalan. Kenapa 63 ?, itu disesuaikan dengan usia Rasulullah yang 63 tahun," terang Heru Purnomo, Satu (24/11).

Heru menjelaskan, 63 batang pisang tersebut adalah hasil swadaya warga sendiri. Rencananya, batang pisang itu akan berdiri selama sehari semalam.

"Saya koordinasi dengan lima RT yang ada di Rimuku. Masing-masing RT berkontribusi untuk pohon pisangnya," beber dia.

Menegakkan batang pohon pisang di tengah jalan, kata Heru, punya makna tersendiri. Bukan sekedar sensasi, atau karena maksud lainnya. 

Menurut dia, langkah tersebut diharapkan mampu membangkitkan semangat masyarakat untuk meneladani kearifan Rasulullah Muhammad SAW.

"Selain sebagai bentuk menjaga ukhuwah silaturrahmi antar masyarakat. Apalagi ini sudah masuk tahun politik, langkah ini diharapkan mampu mempersatukan warga dalam semangat Maulid Nabi," ucapnya.

"Khusus kepada para generasi muda yang sepertinya sudah mulai lupa dengan ajaran-ajaran Nabi Muhammad, cara ini diharapkan mampu melecut semangat para pemuda kita untuk dapat meneladani sifat Rasulullah SAW," pungkas Heru Purnomo. (Naf/A)