Mahasiswa UGM KKN di Karampuang

Wacana.info
Rombongan Mahasiswa KKN dari UGM. (Foto/Istimewa)

MAMUJU--Mengusung tema 'digitalisasi pariwisata berbasis masyarakat', sebanyak 30 orang mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menjadikan pulau Karampuang, Mamuju dalam agenda Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Rencananya, mahasiswa yang datang dari beragam jurusan itu akan stay di Karampuanng sejak 28 Juni sampai dengan 18 Agustus 2019.

Regina, tim KKN UGM Mamuju 2019 menjelaskan, peserta KKN akan disebar di tiga dusun di salah satu destinasi pariwisata di kota Mamuju itu. Masing-masing di dusun Karaeng, Dusun Ujung Bulo, dan dusun Karampuang  I.

Kata dia, dalam seminggu ini, peserta KKN akan melakukan survei terlebih dahulu untuk memastikan kebutuhan yang akan dilaksanakan di wilayah kerjanya, sehingga akan menjadi program dalam KKN nantinya.

"Dari Yogja, kami sudah mempersiapkan beberapa program kerja, dibagi setiap clusternya (Medika, Soshum, Saintek, Agro) berdasarkan survei enam bulan lalu yang dilakukan oleh dua teman kami di sini," beber Regina dalam rilis media yang diterima WACANA.Info, Jumat (5/07).

Regina mengurai, Medika yang dimaksud terdiri dari, pemeriksaan kesehatan, sosialisasi kesehatan, dan lainnya. Soshum terdiri dari, mengajar, sosialisasi pariwisata, sosialisasi pajak, dan lainnya. Untuk Saintek terdiri dari sosialisasi teknologi, pembuatan website pariwisata, dan lainnya. Hingga Agro yang meliputi pemeliharaan hutan bakau, penanaman tanaman bakau dan lainnya.

"Tapi masih menunggu survei fixnya seminggu ini, sekaligus pemaparan program kerja kami ke kepala desa agar sinkron dan tepat sasaran," cetus Regina.

Adapun fakultas yang mengikuti KKN di pulau Karampuang diantaranya Teknik, Fisipol, Ilmu Budaya, Psikologi, Ilmu Budaya, Kedokteran Kesehatan Masyarakat Keperawatan, Mipa, Biologi, Ekonomi Bisnis, Geografi, Farmasi, Filsafat, Kehutanan, Peternakan, serta fakultas Pertanian. (*/Naf)