Pemprov Sulbar Bagi-Bagi Sandeq, Polman Dapat Paling Banyak

Wacana.info
Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulbar, Parman Parakkasi Dalam Kegiatan Penyerahan Bantuan Operasional Nelayan. (Foto/Humas DKP Sulbar)

POLMAN--Pemerintah provinsi Sulawesi Barat membagikan bantuan operasional kepada para nelayan di empat kabupaten di Sulawesi Barat. Bantuan tersebut masing-masing perahu sandeq, mesin katinting serta rumpon.

Dikutip dari website resmi Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi Sulawesi Barat, rincian bantuan terseut masing-masing; sembilan unit untuk kabuaten Polman, empat unit di Majene, empat di Mamuju, serta Pasangkayu kebagian tiga unit.

Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar berharap, bantuan tersebut bisa meningkatkan kualitas ekonomi nelayan khususnya di empat kabupaten itu. Ali pun meminta agar penerima bantuan dapat dengan sungguh-sungguh memanfaatkan fasilitas tersebut.

"Nelayan harus mampu mengatur hasil pendapatannya. Selain untuk dikonsumsi, sisakan juga untuk perawatan perahu dan untuk beli bahan bakar", ujar Ali Baal di hadapan masyarakat yang hadir pada penyerahan bantuan yan dipusatkan di desa Bala, kecamatan Balanipa,  Polman, Selasa (22/01) kemarin.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kelautan dan Perikana provinsi Sulawesi Barat, Parman Parakkasi menjelaskan, Polman sebagai kabuten yang kebagian bantuan paling banyak didasarkan pada pertimbangan khusus.

"Bantuan yang bersumber dari Anggaran APBD tahun 2018 ini, kabupaten Polman mendapatkan porsi yang paling banyak dikarenakan di wilayah ini memiliki jumlah nelayan passandeq (nelayan sandeq) yang paling banyak di antara kabupaten lain yang ada," terang Parman dalam laporan panitia yang ia sampaikan. 

Selanjutnya, Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi Sulawesi Barat akan mengadakan monitoring dan evaluasi guna mengetahui sejauh mana dan apa saja yang menjadi kekurangan selama pemanfaatan bantuan yang diberikan pemerintah. (*/Naf)