Panggung Anak Rantau, Cara Mahasiswa di Samarinda Rayakan HUT Sulbar

Wacana.info
Panggung Anak Rantau oleh Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Sulawesi Barat Samarinda. (Foto/Istimewa)

SAMARINDA--Memperingati HUT Sulawesi Barat ke-14, Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Sulawesi Barat Samarinda menggelar panggung anak rantau, akhir pekan kemarin.

Sejumlah mahasiswa asal Sulawesi Barat yang menuntut ilmu di Samarinda turut hadir pada kegiatan yang dipusatkan di guest house Universitas Mulawarman itu. Beberapa tokoh masyarakat asal Sulawesi barat yang berdomisili di Samarinda pun turut hadir pada acara tersebut.

"Sebagai mahasiswa Sulbar, kami sangat merindukan kampung halaman kami, sehingga momentum hari jadi Sulbar tidak akan kami lewatkan begitu saja. Untuk mengobati rasa rindu kami terhadap kampung halaman, kami IKPM SB Samarinda mempersembahkan kegiatan panggung anak rantau," urai Mahlil, ketua IKPM SB Samarinda seperti dikutuip dari rilis media yang diterima WACANA.Info, Sabtu (26/09).

Mahasiswa asal Mamuju yang aktif di Uiversitas Mulawarman itu menambahkan, ada sejumlah kegiatan yang menjadi rangkaian panggung anak rantau tersebut.40 orang, tersebar di beberapa kampus.

"Ada orasi kebudayaan, tarian mandar, mappamaccaq, pembacaan puisi, menyanyikan lagu-lagu Mandar, pemutaran video tentang Sulbar dan kuliner khas Sulbar," sambung Mahlil.

Untuk informasi, terdapat 40 mahasiswa asal Sulawesi Barat yang kini menunutut ilmu di ibu kota Kalimantan Timur. Sebagian besar dari mereka melanjutkan jenjang pendidikannya di Universitas Mulawarman.

"Hanya dengan kegiatan itu, kami merasa seperti sedang berada di kampung halaman kami, sulbar malaqbiq,” tutup Mahlil. (*/Naf)