NasDem Usung Anies Baswedan

Demokrat: Selaras dengan Semangat Perubahan dan Perbaikan

Wacana.info
Anies Baswedan bersama Agus Harimurti Yudhoyono. (Foto/demokrat.or.id)

JAKARTA--Partai Demokrat menghormati kemandirian dan independensi tiap Parpol dalam proses pengambilan keputusan politik. Prinsip tersebut sejalan dengan nilai-nilai demokrasi yang dianut oleh Partai berlambang bintang mercy itu selama ini. 

Partai Demokrat menyambut baik keputusan Partai Nasdem yang telah secara resmi menetapkan Anies Baswedan sebagai Capres untuk Piplres 2024 nanti. Hal itu disampaikan Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP/Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra.

Ia pun mengajak semua pihak untuk senantiasa menjaga prinsip saling menghormati untuk setiap mekanisme dan keputusan setiap Parpol sebagai wujud komitmen merawat Demokrasi di Indonesia.

Tentang figur Capres dan Cawapres menuju Pilpres 2024, Partai Demokrat seperti yang disampaikan oleh Ketum AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) saat Rapimnas Partai Demokrat 15 September lalu, memiliki kriteria tersendiri yang menitikberatkan pada; integritas, kapasitas, elektabilitas, punya ‘chemistry’. Kata Herzaky, yang paling penting adalah figur yang dimaksud memiliki semangat memperjuangkan 'perubahan dan perbaikan'. 

"Sejauh ini, rekam jejak Anies memiliki keselarasan dengan nilai-nilai yang kami perjuangkan. Anies dan Ketum AHY pun memiliki hubungan yang cukup dekat," ucap Herzaky Mahendra Putra dikutip dari rilis media DPP Partai Demokrat, Senin (3/10).

Masih oleh Herzaky, komunikasi Partai Demokrat dengan Nasdem serta PKS selama ini terjalin dengan sangat baik, kondisi tersebut bakal terus berlanjut. Pun dengan deklarasi Capres dari Nasdem, yang juga sebelumnya telah dikomunikasikan dengan Partai Demokrat.

"Dalam penentuan Capres dan Cawapres, tiga partai ini memiliki kesamaan sikap untuk memperjuangkan ‘perubahan dan perbaikan’ dalam menyikapi kondisi bangsa saat ini," beber Herzaky.

Sejak Minggu (02/10), hingga Rabu (05/10), Ketua Umum Partai Demokrat, AHY berada di Jawa Tengah dan DIY untuk melanjutkan ahenda ‘gerilya nusantara’. Sebuah agenda untuk menyerap aspirasi rakyat dan konsolidasi internal dengan melantik 4.000-an pengurus dari 38 DPC se-Provinsi Jawa Tengah dan DIY. 

Ketua DPD Partai Demokrat Sulbar, Suhardi Duka. (Foto/Manaf Harmay)

Partai NasDem resmi mengumumkan calon presidennya yang akan diusung di 2024. NasDem memutuskan untuk mengusung Anies Baswedan maju jadi capres untuk Pemilu 2024. Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/10).

Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Barat, Suhardi Duka pun mengapresiasi keputusan partai 'restorasi Indonesia' itu. Kepada WACANA.Info, pria yang akrab disapa SDK itu menyebut, membangun ikatan koalisi adalah hal yang mesti dilakukan demi suksesnya kepentingan masing-masing Parpol di Pilpres 2024 mendatang.

"Kami Partai Demokrat mengapresiasi keputusan itu, sebab telah mengambil posisi sebagai partai politik dengan hak mengajukan calon presiden. Selanjutnya adalah bangun koalisi, karena NasDem tak bisa berdiri sendiri. Partai Demokrat mengusung prinsip 'perubahan dan perbaikan', Anies masuk dalam idealisme itu," SDK, sosok yang juga anggota Komisi IV DPR RI itu menambahkan. (*/Naf)