Suka Cita Masyarakat Bonehau Sambut ‘Sahabat Rakyat’

Wacana.info
Pelaksanaan Sahabat Rakyat di Bonehau, Mamuju. (Foto/Humas Pemkab Mamuju)

MAMUJU--Kabar tentang penolakan atas kedatang Bupati bersama rombongan perangkat daerah dalam kegiatan 'Sahabat Rakyat' atau Safari Sehari Berbakti Untuk Rakyat di kecamatan Bonehau nyatanya tidak benar-benar terjadi.

Faktanya, kegiatan yang dipusatkan di desa Pabettengan, itu disambut meriah oleh masyarakat. Mereka dengan suka cita menyambut kehadiran Bupati Mamuju, Habsi Wahid bersama rombongan, Jumat dan Sabtu (26-27/10).

Habsi Wahid mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh masyarakat atas kehadiran, kesempatan dan partisipasi aktifnya selama pelayanan publik di wilayah Bonehau itu berlangsung.

"Saya bangga sekaligus terimakasih kepada masyarakat Bonehau. Kita telah mendapatkan informasi ketika kunjungan kami tidak akan diterima dengan baik. Sepertinya informasi tersebut tidak benar, ternyata masyarakat semua keluar dari desa menyambut kedatangan kami. Itu membuktikan masyarakat Bonehau telah memberi sambutan yang baik terhadap pemerintah. Begitupun sebaliknya dan kami diterima baik. Karena kami memang tidak membawa misi politik, ini murni misi kami untuk memberikan pelayanan," ujar Habsi Wahid.

Sahabat Rakyat sendiri merupakan program yang sengaja dibuat untuk mendekatkan sekaligus menjalin silaturrahmi antara pemerintah dengan masyarakat. Ragam pelayanan publik juga digelar pada kegiatan tersebut, seperti pelayanan administrasi kependudukan, izin usaha perdagangan dan pelayanan lainya.

"Luangkanlah waktu untuk berinteraksi bersama Bupati dan para pimpinan OPD untuk menyampaikan permasalahan yang ada di desa untuk diatasi bersama. Kita hadir tidak untuk berkampanye, kita datang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tidak ada maksud tertentu selain untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," sebut Habsi.

Pada kesempatan itu pula, Bupati Mamuju melantik Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai terompet pemerintah sekaligus masyarakat untuk menyampaikan informasi seperti hasil pembangunan desa dan kecamatan.

"Mari kita manfaatkan KIM ini dengan baik. Karena tak lama lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi, kami mohon kepada masyarakat untuk bisa memberikan hak dan suaranya jangan hanya tinggal di rumah. Mari penuhi hak suara kita jangan sampai ada yang rugi," urai Habsi.

Sementara itu, Ketua panitia Sahabat Rakyat, Artis Efendi mengurai, pelayanan berjalan mulai pagi hingga sore hari selama berada di kecamatan Bonehau. OPD terkait yang secara langsung melakukan pendampingan diharapkan benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

"Saya berharap Sahabat Rakyat dapat dilanjutkan karena inilah salah satu wadah yang mampu menyelesaikan masalah tanpa masalah," cetus Artis Efendi. (*)