Mereka yang Menuntaskan Misi Kemanusiaan di Palu

Wacana.info
Tuntaskan Misi Kemanusiaan di Palu. (Foto/Mursyid Syathir)

PALU--Yayasan Karampuang bersama puluhan relawan gabungan lainnya, akhirnya menuntaskan agenda kemanusiaan di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (26/10).

Kegiatan yang telah digelar untuk kali kedua itu dikemas dalam bentuk pendampingan serta pemulihan trauma bagi anak korban bencana gempa, tsunami dan likuifaksi di Palu. Sebelumnya, kegiatan serupa juga dilaksanakan persis sepekan sebelumnya.

"Sasaran kita berikutnya adalah bagaimana kita memberikan pendampingan anak untuk kembali bersekolah dalam pendekatan yang sedikit berbeda dari yang sebelumnya. Ditahap kedua ini kita juga akan memberikan donasi dari masyarakat Mamuju berupa perlengkapan sekolah. Meskipun rata-rata kita lihat adik-adik kita masih bersekolah di sekolah darurat," terang koordinator relawan Yayasan Karampuang, Aditya Arie Yudhistira.

Setibanya di Palu, puluhan relawan yang dibagi menjadi tiga kelompok kembali mengunjungi tiga posko bermain yang sebelumnya sudah dibentuk. Yakni di Balaroa, Palu Barat, Bantaya, Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu serta di Petobo, Palu Selatan.

"Karena kita juga membentuk relawan lokal di posko bermain ini. Kita harap bisa digunakan sampai kapanpun untuk dimanfaatkan oleh anak-anak. Ini agar mereka terhindar dari pemikiran-pemikiran negatif pasca bencana yang menimpa. Sehingga ketika mereka tersenyum, maka keceriaan itu timbul seperti sedia kala, Palu harus bangkit," tambah Aditya.

Anak-anak yang menjadi korban bencana Palu rata-rata ada di usia 1 hingga 17 tahun. Mereka dirangkul untuk mengikuti kegiatan pemulihan trauma ini. Mereka diberikan pendampingan dalam bentuk edukasi melalui kegiatan bermain, menggambar, mewarnai, mendongeng, hingga kegiatan lingkar remaja.

Untuk diketahui, selain relawan dari Yayasan Karampuang dan Lingkar Remaja, relawan gabungan yang melibatkan diri dalam kegiatan ini diantaranya dari Aliansi Pemuda Peduli Kemanusiaan (APPK) Sulbar, Ikatan Wartawan Online (IWO Sulbar), Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Mamuju. (Uci/A)