Pambusuang; Kampung Bola serta Solidaritas untuk Palestina

Wacana.info
Euforia Putaran Final Piala Eropa Tahun 2021 di Desa Pambusuang. (Foto/Didin Margo)

POLMAN--Sudah terkenal sejak dahulu. Desa Pambusuang, Kecamatan Balanipa, Polman selalu menampilkan wajah istimewa di setiap gelaran kompetisi sepak bola dunia.

Seperti yang mulai tersaji jelang kick off putaran final euro 2021 alias piala eropa 2021. Panasnya persiangan antar kesebelasan peserta piala eropa itu turut dirasakan oleh sebagian besar warga Pambusuang. 

Sebagai bentuk turut serta memeriahkan even yang mestinya digelar tahun 2020 itu, ratusan warga Pambusuang turut serta dalam agenda konvoi, Jumat (11/06). Bukan sekadar mengelilingi sejumlah ruas jalan yang ada di Pambusuang saja, warga yang ikut serta dalam konvoi tersebut melengkapi dirinya dengan ragam atribut kesebelasan peserta piala eropa 2021.

Mulai dari bendera, hingga yang paling ekstrim dengan mewarnai bagian tubuhnya dengan corak khas kontestan piala eropa 2021. Semua berbaur. Meski bakal saling hadap-hadapan, namun antarpendukung kesebelasan piala eropa di Pambusuang itu tampak larut dalam kegembiraan, aroma persaingan nyaris tak tercium.

Didin Margo, salah seorang warga Pambusuang mengungkapkan, larut dalam kemeriahan kompetisi sepak bola dunia ibarat hal yang wajib di desanya. Ia mengaku tak tahu menahu dari mana serta sejak kapan kebiasaan itu bermula, yang pasti euforia luar bisa bakal tersaji di tengah pergaulan sosial di desa Pambusuang setiap kompetisi sepak bola dunia bergulir. 

(Foto/Didin Margo)

"Bendera negara peserta piala eropa akan ramai terpasang. Baik di rumah-rumah warga, maupun di beberapa titik di Pambusuang. Selalu begitu. Piala dunia juga seperti itu. Selalu warga di sini menyambutnya dengan ragam suka cita," tutur Didin Margo, pria yang sehari-hari bergelut dengan aktivitas jual beli telur ikan itu.

Konvoi menuju kick off piala eropa 2021 itu mengambil titik start di pasar desa Pambusuang. Bergerak ke desa Bala, menuju Karama, Tinambung, lalu kembali ke Pambusuang. Menurut Didin, sekitar 150 kendaraan roda dua dan tiga unit mobil yang ikut serta dalam konvoi tersebut.

"Jadi diperkirakan ada sekitar 350 orang yang ikut konvoi," sambung Didin.

Di tengah euforia kemeriahan menuju babak mula piala eropa tahun 2021, warga Pambusuang pun menunjukkan keberpihakannya untuk rakyat Palestina. Itu dibuktikan dengan bendera Palestina yang ikut berkibar di tengah ramainya peserta konvoi.

"Padahal Palestina bukan kontestan putaran final piala eropa tahun ini. Tapi itu lah. Mungkin dengan cara seperti itu kami menunjukkan keberpihakan kami untuk saudara-saudara kami di Palestina sana," demikian Didin Margo.

Untuk informasi, kick off putaran final piala eropa tahun 2021 bakal ditandai dengan bertemunya kesebelasan Italia dengan Turki. Laga tersebut bakal ditayangkan secara live di Mola TV, Sabtu (12/06) pukul 03.00 dini hari. (Naf/A)