Akurasi Data Pemilih, Bikin Pleno Penetapan DPT Berlangsung Alot

Wacana.info
Komisioner KPU Sulbar, Sukmawati M Sila. (Foto/Manaf Harmay)

MAMUJU--Rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuki Pemilu 2019 yang digelar KPU Sulawesi Barat di d'Maleo hotel Mamuju, Kamis (30/08) berlangsung cukup alot.

Baik Bawaslu maupun perwakilan Partai Politik secara bergantian mempertanyakan akurasi data yang dipaparkan oleh masing-masing KPU Kabupaten yang hadir. Sejumlah rekomendasi perbaikan dari Bawaslu tentang perbaikan data pemilih kepada KPU juga disangsikan kebenarannya.

Misalnya seputar data ganda, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ditemukan sama namun berbeda nama. Itu juga yang menyebabkan pembahasan penetapan DPT berjalan alot.

Ditemui usai pleno, Komisioner KPU Sulawesi Barat, Sukmawati M Sila menjelaskan, beberapa data sudah dihapus setelah KPU melakukan validasi. Namun beberapa data lain seperti NIK sama dengan nama yang berbeda tidak dihapus.

"NIK sama beda nama itu tidak dihapus karena fakta rill di lapangan ada pemilihnya. Dan ada salah penginputan saat proses Coklit oleh Pantarlih," terang Sukmawati kepada WACANA.Info.

Meski demikian, mantan Komisioner KPU Majene itu menegaskan, semua masalah yang menjadi perdebatan dalam pleno sudah selesai. Karena hasil DPT sudah melalui perbaikan sesuai dengan rekomendasi Bawaslu.

"Itu yang disampaikan ada problem itu hasil rekomendasi Bawaslu yang sudah kami lakukan pencermatan," pungkas Sukmawati M Sila.

Untuk infoermasi, jumlah DPT provinsi Sulawesi Barat untuk Pemilu 2019 mendatang ditetapkan sebanyak 842.005 orang. Angka itu terdiri dari jumlah pemilih laki-laki sebanyak 422.013 dan pemilih perempuan sebanyak 419.992 orang. Sementara total Tempat Pemungutan Suara (TPS) se Sulawesi Barat diketahui sejumlah 3.857 TPS, dengan jumlah kecamatan 69 dan jumlah desa/kelurahan 648.

Angka 842.005 di atas adalah total jumlah DPT dari masing-masing kabupate. Terdiri dari kabupaten Mamasa dengan jumlah DPT 115.157, Polman sebanyak 303.006, Majene dengan DPT sebanyak 110.177, Mamuju 155.704, Mateng dengan jumlah DPT 70.184 dan kabupaten Pasangkayu dengan jumlah DPT sebanyak 87.777. (Keto/Naf)