Peringati HPSN, PPI Kasiwa Jadi Perhatian

Wacana.info
PPI Kasiwa. (Foto/Pitto)

MAMUJU--Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Mamuju menggelar aksi bersih-bersih di Pelabuhan Pelelangan Ikan (PPI) Kasiwa, kemarin.

Sejumlah pihak ikut terlibat dala, aksi bersih-bersih tersebut, diantaranya, Korem 142 Taroada Tarogau Sulawesi Barat, Dinas Lingkungan Hidup Sulawesi Barat, Dinas Kelautan dan Perikanan Mamuju, Himpunan Mahasiswa Islam (HmI) Cabang Mamuju, serta masyarakat setempat.

Kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk perayaan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada 21 Februari 2017, belum lama ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Mamuju, Hamdan Malik menyebut, aksi tersebut adalah upaya pemulihan dan penyadaran masyarakat tentang pentingnya arti kebersihan. 

"Pokoknya kita mau lihat Mamuju bersih," sebut Hamdan saat ditemui di sela-sela kesibukannya di lokasi kegiatan.

Di tempat yang sama, Kepala Kelurahan Binanga, Mamuju, Taslim Sukirno berharap, kegiatan tersebut bisa terus berkelanjutan dengan memperhatikan sejumlah titik kumuh yang ada di Mamuju. 

"Masing-masing punya program tapi tetap satu tujuan. Kita ingin lihat Mamuju bersih," kata Taslim.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sulawesi Barat, Fatimah mengatakan, hal yang jauh lebih penting di masa mendatang ialah bagaimana pola koordinasi yang baik mestinya terus dijaga antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten. 

"Kita sangat mengapresiasi. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan bisa sampai ke masyarakat," demikian Fatimah. (*/Naf)