Memimpikan Tata Kelola PKL di Sulbar yang Jauh Lebih Baik

Wacana.info
Dirga Adhi Putra Singkarru. (Foto/Manaf Harmay)

MAMUJU--Ibu kota Negara yang bakal berdiri di provinsi Kalimantan Timur bikin Sulawesi Barat wajib berbenah di semua sektor. Dirga Adhi Putra Singkarru melihat besarnya pelung di Sulawesi Barat sebagai daerah penyangga ibu kota Negara nantinya.

Dirga mengatakan, pengembangan segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Sulawesi Barat juga jadi item yang harus diperhatikan. Sebagai daerah penyangga ibu kota Negera nantinya, sektor UMKM jadi hal yang tak kalah pentingnya untuk dilirik.

Pemerintah daerah, kata Dirga, sudah harus mulai menata Pedagang Kaki Lima (PKL) sebagai salah satu pelaku UMKM. Hasil yang luar biasa besar bukan hal yang tidak mungkin dapat diperoleh dari penataan PKL yang jauh lebih baik lagi.

"Misalnya dengan membuat lokasi khusus tempat berkumpulnya para PKL itu. Pemerintah daerah harus mulai mendesain apa dan bagaimana kebijakan yang diambil dalam hal menata para PKL tersebut," papar Dirga Adhi Putra Singkarru yang tokoh pemuda asal Sulawesi Barat itu, Rabu (11/12).

Bantuan Kementerian Perdagangan lewat fasilitasi Senator asal Sulawesi Barat, Andri Prayoga Putra Singkarru berupa gerobak kuliner beserta perangkatnya, baiknya diatur dengan baik oleh pemerintah daerah. Dirga menilai, bantuan gerobak kuliner sebanyak 150 unit untuk tiga kabupaten di Sulawesi Barat harus dimanfaatkan secara lebih baik.

"Sebab dengan mengatur atau menata PKL, wajah kota bisa jauh lebih indah. Selain itu, tingkat perekonomian PKL bisa terdongkrak. Dengan bantuan gerobak itu, pemerintah daerah sudah harus memiliki desain utama dalam hal menata para PKL," sambung mantan Ketua APINDO Sulawesi Barat itu.

Dirga juga menyebut, ragam kepentingan masyarakat di Sulawesi Barat bisa saat ini bisa lebih mudah untuk dikomunikasikan ke pemerintah pusat. Apalagi saat ini, dua saudara Dirga; Ratih Megasari Singkarru dan Andri Prayoga Putra Singkarru telah duduk dan punya komitmen yang kuat di jabatannya masing-masing sebagai Anggota DPR-RI dan Anggota DPD-RI.

"Ratih dan Andri di sana itu punya mitra dengan beberapa Kementerian dan Lembaga di pusat. Itu bisa dimanfaatkan untuk membawa program di berbagai Kementerian dan Lembaga itu untuk kepentingan masyarakat di Sulbar," pungkas Dirga Adhi Putra Singkarru. (ADV)