Kotak Surat Suara Pemilu 2019 Sudah Tiba di Mamuju, Ini Kata Ketua KPU

Wacana.info
Kotak Surat Suara Sudah di Mamuju. (Foto/Lukman Rahim)

MAMUJU--Sebanyak 3.881 kotak surat suara sejak Rabu (25/10) kemarin sudah tiba di Mamuju. Saat ini, kotak surat suara tersebut untuk sementara di simpan di gudang logistik KPU Mamuju, di Jalan Martadinata, Mamuju.

Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang menjelaskan, kotak surat suara itu akan disimpan setidaknya hingga proses pendistribusian surat suara ke TPS.

"Disimpan di sini sampai bulan 2 bulan 3 (2019). Karena bulan 3 itu sudah mulai pendistribusian surat suara," kata Hamdan kepada WACANA.Info.

Lebih lanjut, Hamdan menjelaskan, untuk memastikan keamanan kotak surat suara itu, gudang logistik nantinya akan dijaga oleh tim pengamanan.

"Pengamanan akan lebih maksimal kalau sudah ada surat suara sudah turun," kata dia.

Masih oleh Hamdan, kotak surat suara itu nantinya akan disebar ke 752 TPS di Mamuju, masing-masing TPS akan menerima 5 kotak surat suara.

"Karena untuk pemilihan Presiden, 1 kotak tersendiri, DPD 1 kotak, DPR RI 1 kotak, kemudian DPRD Provinsi dan Kabupaten juga 1 kotak," paparnya.

Untuk pelipatan surat suara, Hamdan menyebut, prosesnya akan dilakukan di gedung pemuda Mamuju. Kata Hamdan, tempat itu dianggap representatif untuk melakukan pelipatan surat suara.

"Untuk pemasukan surat suara dalam kotak akan dilakukan di KPU," pungkas Hamdan Dangkang. (Keto/A)