Pemilihan Rektor Unsulbar

Target Fadli di Unsulbar; Angkat Potensi Sulbar ke Level Nasional

Wacana.info
Fadli Syamsuddin Saat Menyerahkan Dokumen Pendaftaran sebagai Bakal Calon Rektor Unsulbar. (Foto/Istimewa)

MAMUJU--Setidaknya telah ada lima nama yang secara resmi memasukkan dokumen persyaratan dalam kontestasi pemilihan Rektor Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) tahun 2023. Satu dari lima figur tersebut adalah Dr.Ir. Fadli Syamsudin, M.Sc.

Eks Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat itu membawa satu misi utama dalam niatannya menduduki kursi Rektor Unsulbar. Dari keterangan tertulis yang diterima WACANA.Info, pria yang pernah berkarir di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) itu mengaku bakal membawa segala potensi sumber daya alam yang ada di Sulawesi Barat untuk dapat dikenal lebih luas lagi.

"Mengangkat SDM Sulbar di level nasional unggul dengan basis kemaritiman, dan pengelolaan lingkungan," kata Fadli belum lama ini.

Fadli merupakan peneliti utama ahli Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), pemilik 32 publikasi internasional. Putra asli Sulawesi Barat itu pun hingga kini masih tercatat sebagai koordinator pelaksana fungsi kebijakan bidang Kelautan dan Perikanan-Direktorat kebijakan pembangunan lingkungan hidup, kemaritiman, sumber daya alam, dan ketenaganukliran, BRIN. Termasuk masih aktif sebagai dosen tetap paruh waktu, Universitas Padjajaran. 

Tahapan Pemilihan Rektor Unsulbar. (Foto/Istimewa)

Soal pengalaman. Sosok kelahiran 4 Juli 1966 itu telah mengantogi segudang pengalaman baik di kancah nasional maupun di level internasonal. Ia juga masih tercatat sebagai anggota tim pembentukan Universitas Maritim Indonesia (UNMARI) yang diprakarsai Kemenkomar, anggota dewan hidrografi Indonesia, anggota American Society of Acoustic, anggota Ikatan Sarjana Oseanografi Indonesia, anggota American Geophysical Union.

Tahapan seleksi pemilihan Rektor Unsulbar tahun 2023 kini telah memasuki masa seleksi administrasi dan verifikasi dokumen
bakal calon. 3 Maret 2023 nanti baru akan digelar Rapat Senat Tertutup pemilihan calon Rektor oleh Senat dan Menteri sebelum penetapan dan pelantikan Rektor terpilih yang akan dilaksanakan pada 12 April 2023.

Dari informasi yang diperoleh, ada lima nama yang secara resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon Rektor Unsulbar. Kelimanya masing-masing; Prof. Dr. Muh. Abdy, Dr. Dzulfajri, Dr. Jamil Barambangi, Prof. Amri, serta Dr.Ir. Fadli Syamsudin. (*/Naf)