Pemprov Sulbar Apresiasi Bantuan Alsintan dari SDK

Wacana.info

MAMUJU--Anggota DPR RI, Suhardi Duka kembali menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada sejumlah kelompok tani yang ada di Kabupaten Mamuju. Rinciannya, 60 unit pompa air 4 inci, 52 unit traktor roda dua, 10 unit traktor roda empat dan 4 unit combine diserahkan secara simbolis. 

Penyerahannya sendiri dipusatkan di desa Kalukku Barat, Kecamatan Kalukku, Mamuju, Kamis (22/10).

Dalam penjelasannya, Suhardi Duka menargetkan dalam tiga tahun mendatang seluruh kebutuhan Alsintan di Sulawesi Barat bisa dipenuhi. Kata dia, potensi SDA yang luar biasa yang dimiliki Sulawesi Barat memerlukan dukungan fasilitas yang memadai untuk mecapai kesejahteraan para petani.

"Sulawesi Barat dan Mamuju ini sangat kaya sumber daya, olehnya itu saya sengaja memilih komisi IV (empat) yang membidangi pertanian agar kekurangan di kampung kita ini bisa di perhatikan. Kita targetkan tiga tahun mendatang bisa terpenuhi Alsintan. Saya akan berusaha tiap tahun untuk menambah unitnya. Tahun depan masih banyak, ada sekitar 400 unit. Bagi kelompok yang belum mendapatkan untuk segera memperbaiki datanya," urai pria yang akrab disapa SDK ini.

(Foto/Istimewa)

Ketua DPD Demokrat Sulawesi Barat itu menambahkan, bantuan Alsintan yang telah ia bagi itu dimaksud untuk meningkatkan produktifitas pangan petani khususnya di wilayah Mamuju dan Sulawesi Barat. Terutama permasalahan pada sekitar 62.000 hektar lahan sawah di Sulawesi Barat yang menurutnya belum dimaksimalkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Sulawesi Barat, Muchtar mengapresiasi langkah tersebut. Menurutnya, pemerintah provinsi Sulawesi Barat akan sangat terbantu dalam penyediaan bantuan Alsintan kepada petani. Terlebih jika melihat keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh pemerintah provinsi.

"Langkah dari Bapak SDK ini sangat baik. Sehingga pemenuhan Alsintan pertanian kita bisa bertambah tiga kali lipat. Sehingga semua yang mendapatkan bantuan diharapkan menjaga dan mempergunakannya dengan baik," itu harapan Muchtar. (*/Naf)