Jokowi: Jaga Ukhuwah Kita

Wacana.info
Jokowi Saat Menyapa Pendukungnya di Kampanye Terbuka di Lapangan Ahmad Kirang, Mamuju. (Foto/Lukman Rahim)

MAMUJU--Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam kampanye terbuka di lapangan Ahmad Kirang, Mamuju, Kamis (28/03).

Ia bersama sang istri, Iriana Joko Widodo menyapa warga Mamuju setelah sebelumnya menuntaskan agenda serupa di Balikpapan, Kalimantan Timur.  Saat berada di tengah ribuan pendukung, mantan Gubernur DKI Jakarta itu membuka orasi politiknya dengan mengajak kepada semuanya untuk selalu menjaga kerukunan sesama anak bangsa.

"Jaga ukhuwah kita. Baik ukhuwah Islamiyah maupun ukhuwah wathaniyah. Setuju ?," seru Jokowi yang disambut sorak tapuk tangan dari ribuan massa yang hadir.

Di mata Jokowi, jangan hanya karena beda pilihan dalam setiap moment politik berujung pada permusuhan. Padahal, kata dia, momentum politik seperti Pilkada, Pileg maupun Pilpres hakikatnya adalah pesta demokrasi yang harus disikapi dengan rasa persaudaraan.

"Itu setiap lima tahun ada terus. Kita harus rukun," sambungnya.

Mantan Wali Kota Solo itu berharap, Sulawesi Barat yang banyak dihuni oleh beragam suku bangsa dan agama harus memegang teguh komitmen dalam menjaga kerukunan.

"Saya ingin titip, di Sulawesi Barat ini kita tahu, beragam suku di sini. Oleh sebab itu jangan sampai karena perbedaan-perbedaan ini kita menjadi tidak rukun," ceuts Joko Widodo. (Keto/B)