Kekurangan Dokter, Fasilitas, hingga Obat-Obatan, Gubernur Soroti RSUD Regional

Wacana.info
Gubernur Sulbar saat Mengunjungi RSUD Regional. (Foto/Lukman Rahim)

MAMUJU--Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar berencana mendatangkan dokter spesialis dari Makassar atau dari RSUD Polman. Hal itu kata dia, untuk menutupi kebutuhan dokter spesialis di RSUD regional provinsi Sulawesi Barat.

"Saya akan ke Makassar bertemu dengan Direktur Rumah Sakit Unhas. Atau yang menanagani pendidikan, kalau memang ada yang mau selesai jurusan yang kita butuhkan, kalau bisa diberikan kami, droping ke daerah. Kalau ada juga di Rumah Sakit Polewali berkelebihan, Insya Allah kita ambil bawa kemari," ujar Ali Baal Masdar di sela-sela kunjungannya ke RSUD regional Sulawesi Barat, Rabu (27/02).

Selain itu, beberapa ruangan untuk alat kesehatan perlu mendapat perbaikan.

"Setelah selesai dibangun gedung ini (RSUD) masih banyak kekurangannya. Segera kita harus benahi, karena berkaitan dengan peralatan yang ada. Misalnya kalau kita paksakan radiasinya bisa kemana - mana, justru bisa lebih merugikan lagi," kata Ali Baal.

Pengadaan obat - obatan juga menjadi masalah yang ditemukan, terkadang persediaan obat rumah sakit berbeda dengan kebutuhan resep dokter.

"Biasanya pihak dokter ahli merekomendasikan obat resepnya paten tapi yang ada generik. Na ini juga masalah yang kita harus bicarakan. Tapi ini harus kita bicarakan sampai pusat, jangan sampai pemeriksa, jangan sampai kita subsidi untuk obat generik ke obat paten justru kebalikan jadi kesalahan,"' pungkas Ali Baal Masdar. (Keto/A)