Muluskan Program Peternakan Sapi, Ini Langkah Dinas Pertanian Sulbar

Wacana.info
Ilustrasi. (Foto/Net)

MAMUJU--Dinas Pertanian dan Peternakan provinsi Sulawesi Barat masih mencoba melakukan upaya untuk memuluskan program peternakan sapi yang ada di desa Beroangin, kecamatan Mapilli, Polman.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulawesi Barat, Tanawali mengungkapkan, sampai detik, pihaknya terus melakukan negosiasi kepada masyarakat setempat agar tak ada satupun yang merasa dirugikan.

"Ibarat menarik benang dalam tepung. Tepungnya tidak rubuh, benangnya tidak putus. Tujuaannya semata-mata bagaimana mencari jalan terbaik," kata Tanawali kepada WACANA.Info, Senin (19/11).

Tanawali menambahkan, lahan untuk peternakan direncanakan bakal diisi 250 ekor sapi bantuan dari Direktoral Jendral (Dirjen) Peternakan. Jika tak ada aral melintang, sapi-sapi itu bakal didistribusikan pada bulan Desember 2018 ini. 

"Itu nanti dibina dulu, digembalakan dulu. Bukan cuma sapi yang datang, orangnya juga. Peternaknya yang ahli, nanti masyarakat berguru disitu. Nanti setelah berkembang itu sapi kita salurkan ke masyarakat," bebernya.

Pemilihan lahan di Beroangin sendiri, kata Tanawali, sudah melalui pengkajian oleh sejumlah lembaga.

"Bukan kami yang memilih, kami mengundang Balinak (Balai Penelitian Ternak) silahkan tinjau apakah cocok apa tidak. Kami dari dinas ini secara teknis semua prosedur yang dipersyaratkan sudah terpenuhi semua," tutup Tanawali. (Keto/B)