Ma‘ruf Amin Cawapres, Bagaimana Sikap MUI Mamuju ?

Wacana.info
Ketua MUI Mamuju, Namru Asdar. (Foto/Net)

MAMUJU-Majelis Ulama Indonesia (MUI) kabupaten Mamuju bakalan tetap berada di posisi yang netral, pasca Ketua MUI Pusat, KH Ma'ruf Amin resmi menjadi Calon Wakil Presiden mendampingi Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019.

Ketua MUI Mamuju, Namru Asdar menegaskan, tidak akan ada sikap khusus dari MUI Mamuju terkait pencalonan KH Ma'ruf Amin itu.

"Tetap netral. Kami tidak mempersalahkan Beliau (KH Ma'ruf Amin). Tetapi kami juga tidak akan mengambil sikap secara kelembagaan untuk mendukung. Kalau pengurus tidak, terserah ummat," tegas Namru Asdar kepada WACANA.Info, Sabtu (11/8).

Namru menambahkan, sikap netral MUI Mamuju itu dilatarbelakangi oleh MUI yang merupakan lembaga non politik. Sikap netral ini juga sudah dibangun MUI Mamuju, kendati belum ada instruksi resmi dari MUI Pusat maupun MUI Sulawesi Barat pasca pencalonan KH Ma'ruf Amin sebagai Cawapres.

"Kalau instruksi belum ada, dari provinsi juga belum. Intinya kami tetap netral," pungkas Namru Asdar.

Untuk diketahui, pasca KH Ma'ruf Amin dipilh Jokowi menjadi Cawapresnya, belum ada sikap resmi dari Rais Aam PBNU itu untuk mundur dari jabatan ketua MUI. Meski demikian, tak sedikit ulama memintanya untuk mundur, dengan alasan menjaga keindependensian MUI.(Uci/Naf)