Jelang Rapimnas, DPP Demokrat Mulai Sibuk

Wacana.info
Suasana di DPP Demokrat. (Foto/Manaf Harmay)

JAKARTA--Partai Demokrat dijadwalkan bakal menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di SICC Bogor, mulai besok, Sabtu (10/03).

Selama 2 hari, sejumlah hal penting bakal dibincang oleh hampir para pengurus, kader dan simpatisan Demokrat yang datang dari seluruh wilayah Indonesia pada momentum Rapimnas tersebut.

Sehari jelang Rapimnas, sekretariat DPP Demokrat di jalan Proklamasi N0. 41, Menteng, Jakarta Pusat mulai disibukkan oleh sejumlah persiapan. 

Beberapa orang terlihat disibukkan dengan sejumlah persiapan Rapimnas. Belum lagi aktivitas registrasi peserta yang memang sebagian besar dilakukan di sekretariat partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Tentang agenda penting dalam Rapimnas Demokrat tersebut, Ketua DPD Demokrat Sulawesi Barat, Suhardi Duka menyebut, dirinya telah menyiapkan beberapa poin yang bakal didorong pada forum Rapimnas Demokrat.

"Saya membawa dua ide. Pertama AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) Cawapres untuk Capers Jokowi, atau untuk Capres Jusuf Kalla. Dan yang kedua, AHY diplot sebagai Capres dengan membentuk poros politik baru," ungkap pria yang akrab disapa SDK itu belum lama ini.

Nama Agus Hari Murti Yudhoyono memang jadi salah satu figur yang dianggap sangat potensial untuk dapat berbicara banyak di gelanggang Pilpres mendatang. 

Oleh sejumlah lembaga survei, Komandan Satuan Tugas Bersama Pemenangan Pilkada dan Pemilu 2019 Partai Demokrat itu selalu jadi salah satu pilihan utama untuk dipaketkan dengan beberapa nama potensial di Pilpres lainnya.

Menurut SDK, poros politik baru yang cukup memungkinkan bagi pencalonan AHY ialah dengan menduetkan putra Susilo Bambang Yudhoyono itu dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar.

"AHY-Cak Imin dalam poros baru," sambung Bupati Mamuju 2 periode itu.

Selain akan membahas dinamika dan arah politik di Pilpres, Rapimnas Demokrat itu juga akan membincang strategi pemenangan di Pemilukada serentak 2018 dan Pileg 2019.

"Yang juga akan dibahas ialah evaluasi program dan strategi Pilpres dan Pileg. Selain tentu yang akan dibahas tersendiri ialah arah koalisi," begitu SDK.

Sementara itu, Sekretaris DPD Demokrat Sulawesi Barat, Abdul Wahab Abdy mengungkapkan, sebagian besar pengurus, kader, simpatisan dan juga para Anggota DPRD Demokrat di Sulawesi Barat turut hadir di forum Rapimnas tersebut.

"Kurang lebih itu 100 orang dari Sulbar. Kami memang mengharap, momentum Rapimnas ini bisa dimanfaatkan oleh para kader di daerah untuk kembali menggugah semangat kita semua utamanya di tahun politik ini. Pilkada serentak 2018 serta Pileg dan Pilpres di 2019," begitu jelas Abdul Wahab Abdy. (*/Naf)