Refleksi HUT Sulbar, Anwar: Tak Perlu Ingat Saya, Tapi...

Wacana.info
Anwar Adnan Saleh. (Foto/Manaf Harmay)

MAMUJU-Provinsi Sulawesi Barat kini genap berusia 12 Tahun. Sejumlah capaian kini telah diraih Provinsi ke-33 di Indonesia ini. 

Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh menyebut, apa yang kini telah diraih Sulawesi Barat adalah buah dari kerja keras seluruh komponen masyarakat. Ia mengatakan, semua raihan yang kini terlihat jelas di 12 Tahun Provinsi Sulawesi Barat benar-benar dimulai dari titik nol.

"Bersama Aladin (Wakil Gubernur), kami telah berupaya dengan segala kemampuan dan segala daya serta dengan dukungan dari sejumlah Bupati, Camat, Lurah, dan Desa Se sulbar. Mulai dari kilometer nol berangkat dan akhirnya kita belum sampai pada titik yang kita inginkan," ungkap Anwar di puncak acara HUT Sulawesi Barat, kemarin.

Peringatan hari jadi Sulawesi Barat sendiri turut dihadiri Wakapolri,  Komisaris Jenderal  Sjafruddin sekaligus mendampingi Gubernur pada upacara HUT Sulawesi Barat yang dipusatkan di Lapangan Rujab Gubernur.

Anwar mengungkapkan, sebagai daerah yang tergolong masih sangat belia ini, mulanya ia dipandang sebagai daerah tertinggal, terbelakang dan terisolasi. Tapi, perlahan dan pasti, selama 12 tahun pembangunan, akhirnya kondisi tersebut bisa diperbaiki. 

"Bahkan tempat pelaksanaan upacara ini merupakan kawasan hutan yang ditakuti masyarakat. Tapi sekarang kita ubah menjadi tempat yang megah serta dikelilingi jurang yang dalamnya hampir 50 meter semoga ini menjadi monumen kedepannya," sambungnya.

Secara khusus, Anwar menitip pesan kepada segenap masyarakat yang kini ada di bawah langit Sulawesi Barat untuk senantiasa mengingat sekaligus menghargai jasa para pejuang pembentukan Sulawesi Barat. 

"Mustahil kita ada seperti ini tanpa pejuang sebelumnya. Ingat ada orang di balik pembentukan Sulbar. Tak perlu ingat saya , Tapi ingat para pejuang,"kata Anwar Adnan Saleh. (B/Naf)