Menuntaskan Liburan di Kali Biru

Wacana.info
Destinasi Wisata Alam Kali Biru di Desa Batetangga, Binuang, Kabupaten Polman. (Foto/Manaf Harmay)

POLMAN--Sayang, hujan turun cukup deras. Meski ribuan orang tampak tak peduli dengan kondisi itu, dan terlihat begitu menikmati suasana di obyek wisata alam, Kali Biru di kabupaten Polman.

Salah satu destinasi wisata alam tersebut begitu dipadati pengunjung. Tak hanya datang dari Polman saja, ada juga yang datang dari luar kota, seperti dari kabupaten Pinrang, Majene, Mamuju, bahkan dari Kalimantan Timur sana.

Mereka sengaja mengisi masa libur Idul Fitri ini bersama-sama keluarga, teman atau yang terkasih dengan berkunjung di salah satu lokasi wisata yang terletak di desa Batetangga, kecamatan Binuang, Polman itu.

Letaknya memang terbilang jauh dari pusat kota Polman. Meski hal itu bukan jadi penghalang bagi para wisatawan untuk menikmati suasana alam di satu dari enam destinasi wisata serupa di sepanjang desa Bentetangga tersebut.

Di Kali Biru, terdapat tiga buah kolam utama. Dengan kedalaman yang berbeda-beda. Ketiganya dipadati oleh para pengunjung, dari anak-anak, dewasa, laki-laki atau pun perempuan.

Selain itu, lokasi wisata yang persis di tepian sungai bikin pengunjung punya opsi lain untuk berendam. Dan memang benar, aliran sungai yang tak begitu deras juga dipadati oleh pengunjung.

Padatnya pengunjung di Kali Biru hari itu membawa keberkahan tersendiri bagi para pedagangan yang berjualan di sana. Kemaramaian tak biasa yang tersaji di sana disyukuri oleh puluhan pedagang yang tersebar di berbagai sudut di Kali Biru.

"Alhamdulillah Pak, hari ini ramain sekali. Jualan saya saja ini habis. Baru mau pergi ambil bahan lagi," ujar saah seorang pedagang batagor di Kali Biru kepadaWACANA.Info, Sabtu (8/6).

Perempuan berhijab yang enggan menyebut identitasnya itu menyebut, Kali Biru di masa libur Idul Fitri menujukkan keramaian yang tidak biasa. Jika dibandingkan dengan libur akhir pekan biasa, pengunjung di lbur Idul Fitri benar-benar membludak.

"Kalau libur akhir pekan biasa, ramai juga Pak. Tapi biasa ada gazebo yang kosong. Ini skarang, tidak ada gazebo yang sisa. Itu pun masih banyak pengunjung yang tidak kebagian gazebo," beber perempuan asli Batetangnga itu.

Jadi Tempat Reuni

Suasana alam yang begitu asri bikin Kali Biru jadi salah satu pilihan utama warga mengisi libur Idul Fitrinya. Tak sekedar mandi atau menikmati beragam fasilitas rekreasi yang ada di sana, ada juga pengunjung yang menjadikan Kali Biru sebagai tempat reuni.

Seperti yang digelar oleh alumni SMP 1 Polewali angkatan tahun 1986. Puluhan alumni sekolah tersebut tampak menikmati suasana alam bersama teman seangkatan di salah satu gazebo berukuran besar yang terletak tepat di sisi aliran sungai.

Memilih dresscode berwarna merah, mereka tampak asyik bercengkrama, mengenang masa-masa indah kalah masih mengenyam pendidikan di bangun SMP. Aneka permainan sederhana melengkapi keseruan reuni yang mereka laksanakan.

"Mumpung libur, jadi kita manfaatkan untuk kumpul-kumpul dengan teman sekolah dulu. Semua sudah tua, ada yang datang bawa anaknya, sama istri atau suami. Pokoknya seru. Apalagi kita bikin reuninya di sini di Kali Biru. Suasananya mendukung sekali," sebut Rahmi, salah seorang peserta reuni yang datang bersama anak dan cucunya.

Kini, publik sudah tiba di ujung masa libur. Cukup liburannya, dan mari semangat untuk beraktivitas kembali.

Maaf lahir batin....

(Naf/A)