KPU Mamuju Evaluasi Pelaksanaan Pemilu Menuju Pilkada 2020

Wacana.info
Komisioner KPU Mamuju, Hasdaris. (Foto/Istimewa)

MAMUJU--Usai sudah pelaksanaan Pemilu 2019. KPU Mamuju pun telah tuntas dengan sebagian besar tahapan Pemilu dengan menyelesaikan proses rekapitulasi perhitungan suara dan penetapan hasil Pemilu 2019.

Komisioner KPU Mamuju, Hasdaris menyebut, sejumlah catatan penting dalam pelaksanaan Pemilu 2019 bakal menjadi bahan evaluasi menuju gelaran Pilkada Mamuju 2020 mendatang. Sebut saja, tingkat pengetahuan penyelenggara adhoc yang menurut Hasdaris masih perlu diperbaiki.

"Termasuk saksi peserta Pemilu yang nyatanya masih banyak yang belum mengetahui secara utuh tentang teknis pelaksanaan rekapitulasi. Kita juga tak menutup mata terhadap tingkat pengetahuan penyelenggara adhoc yang idealnya masih perlu diperbaiki," beber Hasdaris belum lama ini.

Dua poin di atas, termasuk beberapa catatan penting lainnya akan menjadi fokus perhatian KPU demi pelaksanaan Pilkada Mamuju yang lebih baik.

"Tentu akan kita evaluasi, mengingat pelaksanaan Pilkada akan kita gelar tahun depan," sambung Hasdaris.

Terlepas dari beberapa catatan penting tersebut, Hasdaris menyampaikan apresiasinya atas kinerja TNI/Polri yang telah dengan sungguh-sungguh terlibat aktif dalam pengamanan proses Pemilu 2019. Kepada Bawaslu, serta para peserta Pemilu yang kata Hasdaris, telah membuktikan komitmennya dalam menciptakan pesta elektoral Pemilu yang berjalan secara aman dan damai.

"Kepada teman-teman penyelenggara adcoc, kami juga sampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya atas dedikasi yang telah ditunjukkan dalam hajatan Pemilu 2019 ini," tutup Hasdaris.

Pemilu 2019 bukanlah akhir dari kerja keras penyelenggara; KPU dan Bawaslu. Belum juga reda lelahnya kedua lembaga itu atas padatnya jadwal Pemilu 2019, keduanya mesti berhadapan dengan tahapan Pilkada 2020 yang kabarnya bakal mulai bergulir akhir tahun ini.

Di Sulawesi Barat sendiri, terdapat empat kabupaten yang bakal menggelar Pilkada serentak di tahun 2020 nanti; Majene, Mamuju, Mateng dan pasangkayu. (Naf/B)