Caleg Peraih Suara Signifikan Diminta untuk Lebih Bersabar Lagi

Wacana.info
Komisioner KPU Mamuju Menandatangani Berita Acara Pleno Rekapitulasi dan Hasil Pemilu 2019. (Foto/Manaf Harmay)

MAMUJU--KPU Mamuju telah menetapkan rekapitulasi pemungutan suara dan hasil Pemilu 2019 tingkatn kabupaten, Kamis (9/05) dini hari.

Bagi peserta Pemilu yang sukes meraih suara signifikan, KPU meminta untuk lebih bersabar lagi menunggu tahapan penetapan calon terpilih yang dalam beberapa waktu ke depan bakal dilaksanakan.

"Hari ini kita hanya menetapkan hasil. Untuk penetapan calon terpilih dan kursi, itu nanti setelah tanggal 22 Mei sesuai PKPU. Insya Allah bagi yang sudah melihat bayangan siapa yang akan terpilih mohon bersabar hingga KPU menetapkan siapa yang terpilih," beber Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang di penghujung pleno rekapitulasi pemungutan suara dan hasil Pemilu tingkat kabupaten Mamuju.

Proses rekapitulasi di kabupaten Mamuju memakan waktu dan tenaga yang tak sedikit. Jalannya pleno yang berlangsung alot, belum lagi aktivitas penyesuaian data jadi hal yang menjadi penyebab pleno yang dimulai sejak 2 Mei 2019 lalu itu baru bisa dituntaskan sepekan setelahnya.

"Itulah dinamika forum. Sebab kalau jalannya pleno lancar-lancar saja, justru akan menimbulkan pertanyaan tersendiri, kok bisa," sambung Hamdan.

Usai menuntaskan pleno rekapitulasi pemungutan suara dan hasil Pemilu 2019, KPU Mamuju selanjutnya akan menyersahkan hasil pleno tersebut ke KPU Sulawesi Barat. Seperti diketahui, KPU Sulawesi Barat memang telah memulai pleno rekapitulasi tingkat provinsi di Baruga Srikandi Mamuju.

"Kami hanya ingin memastikan, setiap ada perbaikan minimal ada berita acaranya, ada parafnya. Ini penting agar di tingkat provinsi nanti sudah tidak ada lagi persoalan. Kami hanya ingin memastikan bahwa semua sudah sesuai prosedur yang telah ditetapkan," sumbang Ketua Bawaslu Mamuju, Rusdin. (Naf/B)