Sebelum Distribusikan, Logistik Pemilu Disimpan di Rak

Wacana.info
Logistik Pemilu di Pasangkayu Tersimpan di Rak. (Foto/Istimewa)

PASANGKAYU--Berbeda dengan KPU kabupaten lainnya di Sulawesi Barat yang melabeli kecamatan tertentu sebagai prirotas awal untuk urusan pendistribusian logistik Pemilu 2019.

KPU Pasangkayu memutuskan untuk melakukan distribusi logistik pesta elektoral 17 April 2019 itu secara serentak ke semua wilayah kecamatan di ujung utara provinsi Sulawesi Barat itu.

"Semuanya serentak (distibusi logistik ke kecamatan). Kita mulai tanggal 15 (April 2019) untuk seluruh kecamatan," sebut Ketua KPU Pasangkayu, Syahran Ahmad kepada WACANA.Info, Rabu (10/04) siang.

Di Pasangkayu, ribuan surat suara untuk pelaksanaan Pemilu 2019 juga ditemukan rusak pada saat proses sortir dan lipat surat suara.

Data yang diperoleh dari KPU Pasangkayu disebutkan, terdapat 1.271 lembar surat suara yang ditemukan rusak. Rinciannya; surat suara Pilpres sebanyak 268 lembar, DPD 152 lembar, DPR RI, 230 lembar, DPRD provinsi sebanyak 470 lembar, DPRD kabupaten Dapil 1 19 lembar, Dapil 2 103 lembar, Dapil 3 17 lembar serta Dapil 4 sebanyak 23 lembar.

Saat ini, KPU Pasangkayu sedang melakukan pengepakan seluruh jenis logistitik Pemilu sebelum didistribusikan. Kata Syahran, pihaknya sangat hati-hati dalam melakukan proses tersebut.

"Untuk mencegah sampul sobek, kita gunakan rak biar tersusun lebih rapi," begitu kata Syahran Ahmad. (Naf/B)