Kenalkan, Basri, Hamria dan Elisabet, Tiga Bersaudara Atlet Catur Mamuju

Wacana.info
Basri, Hamria dan Elisabet, Tiga Bersaudara Atlet Catur Mamuju. (Foto/Lukman Rahim)

MAMUJU--Basri Mo'a (15), Hamria Mo'a (14) dan Elisabet Mo'a (12). Ketiganya merupakan saudara kandung yang memperkuat tim Catur Mamuju pada gelara Porprov ke-III Sulawesi Barat di Majene.

Ketiganya merupakan anak pasangan Ardianus Mo'a dan Hamsinah, warga desa Patidi, Simboro, Mamuju.

Basri Mo'a saat ini masih duduk di kelas 1 SMA Negeri 3 Mamuju. Sementara Hamria Mo'a baru duduk di kelas II SMP Negeri 2 Mamuju, sementara Elisabet Mo'a hingga kini masih mkenuntut ilmu di Kelas VI SD Negeri 2 Karema.

Kepada WACANA.Info, ketiganya, ketiganya mengaku telah mengenal catur sejak kecil lewat orang tuanya.

Basri misalnya. Ia mulai mengenal catur saat duduk di bangku kelas 1 SD, begitu juga dua orang adik perempuannya.

"Selain itu, juga karena ingin membanggakan orang tua lewat prestasi yang kami raih di olahraga Catur," ujar Basri yang ditemui di sekretariat Percasi Mamuju, akhir pekan kemarin.

Sementara Hamria menyebut, catur adalah salah satu olahraga untuk mengasah intelegensi sekaligus melati otak bekerja. Informasi yang diperoleh, ketiganya merupakan atlet catur yang tak diragukan lagi kemampuan tandingnya.

Basri Mo'a sendiri punya jam terbang yang cukup lumayan. Kelahiran Mamuju 8 Mei 2003 itu ternyata pernah menyabet juara 1 lomba catur tingkat pelajar se kabupaten Mamuju tahun 2014, juara 1 lomba catur tingkat pelajar se Sulawesi Barat tahun 2014 serta mewakili Sulawesi Barat di ajang O2SN tingkat nasional di Jakarta.

Sementara itu, Hamria Mo'a pernah menjadi juara 1 Lomba catur tingkat pelajar se Sulawesi Barat di tahun 2015 sekaligus mewakili Sulawesi Barat di ajang O2SN di Jakarta. 

Begitu pun dengan si bungsu Elisabet Mo'a. Gadis cilik kelahiran Mamuju 19 Juni 2007 itu ternyata juga pernah tampil sebagai juara 1 catur tingkat pelajar kabupaten Mamuju.

Basri akan bertanding di Porprov ke-III Sulawesi Barat di kelas junior putra. Sementara kedua adiknya bakal ambil bagian pada kelas catur beregu putri. 

Ketiganya bertekad meraih emas pada event olahraga terakbar di Sulawesi Barat tersebut, sekaligus membanggakan orang tua. (*/Keto)