Kata Mereka untuk Manakarra Local Wisdom ‘Super Singer’

Wacana.info
Manakarra Local Wisdom Super Singer. (Foto/Istimewa)

MAMUJU--Manakarra Local Wisdom 'Super Singer' 2018 bakal digelar dari tanggal 7 sampai 8 Juli 2018. Itu untuk tahap audisi.

Malam grand final sekaligus puncak acara Manakarra Local Wisdom tahun ini rencananya akan dilaksanakan pada 12 Juli 2018 di ball room d'Maleo hotel Mamuju.

Sejumlah 'nama beken' turut mendukung kegiatan yang sengaja dibuat dalam rangka memperingati hari jadi Mamuju yang ke-478 itu. Dari Sekda Mamuju, H Suaib, Wakil Bupati Mamuju, Irwan Pababari, hingga Habsi Wahid, Bupati kabupaten Mamuju.

Dukungan sederet nama di atas pun dibuktikan dengan testimonin ketiganya yang direkam dalam sebuah video. Kini video testimoni ketiganya telah tersebar luas di ragam media sosial.

Sekda Mamuju, H Suaib. (Foto/Istimewa)

"Acara Manakarra Local Wisdom 2018 mengambil konsep lomba nyanyi putra putri Sulawesi Barat dengan menyanyikan lagu daerah Mamuju yang akan dilansanakan pada tanggal 12 Juli 2018 di ball room d'Maleo hotel. Buat anak-anakku, jangan ki lupa hadir di acara ini, terima kasih," ujar Sekda Mamuju, H Suaib seperti dikutip dari video testimoninya yang mulai beredar sejak beberapa hari lalu.

Seperti diberitakan, pemerintah kabupaten Mamuju bekerjasama dengan komunitas Jalan Jalan Ner dan WACANA.Info kembali menggelar Manakarra Local Wisdom. Tahun ini even tersebut mengangkat tema 'Super Singer'.

Ajang lomba nyanyi lagu daerah Mamuju yang dibuka untuk umum tersebut akan dimulai dengan tahap audisi dari 7 sampai 8 Juli 2018 di kompleks rumah adat Mamuju. Seluruh peserta diwajibkan untuk membawakan salah satu lagu daerah Mamuju dari 25 list lagu daerah yan telah dipilih oleh pihak penyelenggara.

Di tahap audisi tersebut, dewan juri bakal memilih 10 peserta terbaik untuk selanjutnya akan diberikan pembekalan singkat sebelum kembali 'diadu' pada malam grand final 12 Jui 2018 di ball room d'Maleo hotel Mamuju.

Tiga peserta terbaik hasil pilihan juri akan diberi sejumlah hadiah menarik. Termasuk memberi kesempatan kepada para juara untuk merasakan sensasi rekaman lagu daerah plus pembuatan video klip.

Wakil Bupati Mamuju, Irwan Pababari. (Foto/Istimewa)

"Saya mengajak kepada adik-adik sekalian yang cinta akan budayanya sendiri, yang bertalenta di bidang tarik suara untuk mendaftarkan diri sebagai peserta Super Singer 2018. Dalam kegiatan ini pun, kami akan memberikan penghargaan kepada para seniman dan pencita lagu daerah Mamuju sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi mereka dalam melestarikan lagu daerah Mamuju. Mari kita saksikan kegiatan yang spektakuler ini," jelas Wakil Bupati Mamuju, Irwan Pababari dalam video testimoni yang juga kini mulai beredar luas di media sosial.

Pihak penyelenggara juga telah menyiapkan penghargaan khusus kepada sejumlah nama yang dianggap punya kepedulian dan dedikasi yang tinggi terhadap pelestarian lagu daerah Mamuju. Pemberian penghargaan tersebut akan dilaksanakan pada malam puncak grand final Manakarra Local Wisdom Super Singer 2018.

Bupati Mamuju, Habsi Wahid. (Foto/Istimewa)

"Manakarra Local Wisdom Super Singer adalah ajang pencarian bakat penyanyi putra dan putri Sulbar dengan menyanyikan lagu daerah Mamuju. Kita berharap, lagu-lagu daerah yang kita miliki sebagai sebuah kekayaan daerah akan semakin memasyarakat dan disenangi oleh seluruh kalangan. Sehingga potensi yang kita miliki dapat berjaya di tanah sendiri dan disenangi oleh semua orang. Saya mengajak adek-adek dan anak-anakku yang memiliki kemampuamn di biding tarik suara agar mengikuti ajak Super Singer ini dan tampilkan kemampuan terbaik, sehingga hari jadi Mamuju akan benar-benar jadi hari yang berbahagian bagi kita semua," begitu kata Bupati Mamuju, Habsi Wahid juga dalam video testominya.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi; 082301391999