Ribuan Masyarakat Terlayani di Kecamatan Lewat Sahabat Rakyat

Wacana.info
Wakil Bupati Mamuju di Kegiatan Sahabat Rakyat di Kecamatan Tapalang. (Foto/Humas Pemkab Mamuju)

MAMUJU--Kunjungan kerja Bupati dan Wakil Bupati Mamuju di Kecamatan yang dikemas dalam kegiatan Safari Sehari Berbakti Untuk Rakyat (Sahabat Rakyat) sudah jadi agenda rutin yang dilaksanakan pemerintah kabupaten Mamuju sejak awal tahun 2018. Dimulai dari kecamatan Kalumpang pada bulan Januari, serta di Tommo di bulan selanjutnya. 

Sepanjang akhir pekan kemarin, giliran kecamatan Tapalang yang jadi tempat pelaksanaan Sahabat Rakyat. Berdasarkan laporan dari ketua pelaksana Sahabat Rakyat, Artis Efendi, selama pelaksanaan kegiatan tersebut sudah ribuan layanan yang terlayani di 2 kecamatan; Kalumpang dan Tommo.

“Semenjak dilaunching di kecamatan Kalumpang dua bulan lalu, sekitar dua ribuan lebih pelayanan yang telah terlayani di Sahabat Rakyat ini. Masing-masing untuk bidang kependudukan dan pencatatan sipil 1522 layanan, bidang kesehatan 528 layanan, bidang keluarga berencana 123 layanan, bidang perizinan 8 layanan, bidang perpajakan masing-masing dari pihak KPP Pratama 30 layanan dan dari Bapenda sebanyak 4 layanan,” utrai Artis Efendi pada pelaksanaan malam hiburan di acara Sahabat Rakyat yang di pusatkan di Lapangan Bola Kecamatan Tapalang.

Bupati Mamuju, Habsi Wahid menjelaskan, pelaksanaan Sahabat Rakyat semata-mata digelar untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarat.  Hal itu dilakukan karena menurut Habsi, masih banyak masyarakat yang masih kurang mampu untuk datang ke pusat pemerintahan meski hanya untuk melakukan pengurusan seperti pengurusan tentang identitas kependudukan ataupun layanan lainnya.

“Kegiatan ini kita hadirkan di tengah-tengah masyarakat agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan. Sehingga bisa dengan mudah mendapatkan layanan yang dibutuhkan masyarakat,” jelas Habsi Wahid.

Pada pelaksanaan Sahabat Rakyat di kecamatan Tapalang, selain mengdakan pelayanan kepada masyarakat, pemerintah kecamatan juga meramaikan dengan menggelar pasar malam di sekitar lokasi pelaksanaan acara. (*/Naf)