Kapolres dan Mantan Kapolres Mamuju Punya Kemiripan Nama, Ini Kata Muhammad Rifai

Wacana.info
Bupati bersama Kapolres Mamuju dan Mantan Kapolres Mamuju. (Foto/Humas Pemkab Mamuju)

MAMUJU--Mantan Kapolres Mamuju, AKBP Muhammad Rifai rupanya memiliki kemiripan nama dengan pejabat Kapolres Mamuju saat ini, AKBP Mohammad Rivai Arvan. 

Tak cuma punya kemiripan nama, kedua sosok itu rupanya sempat ditugaskan di satu kesatuan kerja yang sama. Seperti yang diungkapkan mantan Kapolres Mamuju, AKBP Muhammad Rifai.

“Kemarin, saya di Gorontalo. Kemudian Beliau (Mohammad Rivai Arvan) juga tugas di sana. Tapi kami 3 tahun, Beliau cuma sebulan. Karena dibutuhkan tenaganya di Bareskrim. Beliau penyidik handal. Akhirnya BKO di sana menangani kasus Budi Gunawan, Beliau penyidik utama di sana. (Sekarang), ternyata ngikutin saya lagi ke Mamuju,” ungkap Muhammad Rifai dalam ramah tamah dan lepas sambut Kapolres Mamuju di Rujab Bupati Sapota, Selasa kemarin. 

Kepada pejabat baru Kapolres Mamuju, Rifai berpesan agar tetap menjaga hubungan yang harmonis dengan masyarakat. Ia juga menitip pekerjaan rumah kepada Kapolres baru untuk mengunjungi kecamatan Bala-Balakang saat peresmian Pospol di wilayah kepulauan itu.

Di tempat yang sama, Kapolres Mamuju, Mohammad Rivai Arvan menjelaskan, apa yang telah dikerjakan oleh pejabat Kapolres terdahulu bakal tetap dilanjutkan. Salah satu terobosan awal yang ia lakukan dalam mendekatkan diri kepada masyarakat ialah menempelkan nomor kontak miliknya pada setiap kendaraan dinas milik Polres Mamuju.

“Tidak lama lagi, semua mobil-mobil patroli yang ada di Polres khususnya Polres Mamuju akan saya tempelkan nomor telpon saya. Jadi siapapun boleh telpon saya dari semua kalangan. Dari seluruh wilayah Mamuju dan sekitarnya. Saya sudah perintahkan untuk seluruh Kapolsek dan semua pemegang mobil dinas untuk menempelkan nomor telpon saya di pintu belakang mobil, dan mudah-mudah tidak lama lagi akan terealisasi pelaksanaannya," cetus Arvan, sapaan akrab Pejabat baru kapolres Mamuju itu.

Untuk program kerja Kapolres baru lainnya, Arvan belum bisa berbicara banyak. Namun komitmennya tetap akan meningkatkan apa yang telah dikerjakan oleh pejabat sebelumnya. 

Cukup 8 bulan mengabdi sebagai Kapolres Mamuju, AKBP Muhammad Rifai mendapat tugas baru memimpin institusi kepolisian di kabupaten Polman. Penggantinya, AKBP M0hammad Rivai Arvan sebelumnya mengabdi sebagai Kanit V Subdit V Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri. (*/Naf)