Tak Satupun Incumbent di Bawaslu Sulbar, Busran: Kami Legowo...

Wacana.info
Busran Riandi. (Foto/Net)

MAMUJU--Tim Seleksi calon Anggota Bawaslu Sulawesi Barat telah mengumumkan 6 nama yang berhak mengikuti tes kelayakan dan kepatutan di Bawaslu RI. Dari sederet nama tersebut, tak satupun 'muka lama' yang dinyatakan lulus.

Ketua Bawaslu Sulawesi Barat, Busran Riandi mengaku legowo akan keputusan tersebut. Ia bersama Anggota Bawaslu lainnya dinyatakan tidak lulus di seleksi '6 besar' tersebut.

"Kita tentu legowo dengan keputusan itu," ungkap Busran kepada WACANA.Info, Kamis (24/08) malam.

Busran menjelaskan, masa kerja Anggota Bawaslu Sulawesi Barat saat ini resmi akan berakhir pada 20 September 2017 mendatang. Ia mengungkapkan, pihaknya masih menyisakan 2 tugas lagi sebelum benar-benar mengkahiri pengabdiannya di lembaga pengawas Pemilihan Umum itu.

"Kita sisa melantik Anggota Panwaslu, serta akan menggelar rapat persiapan pelaksanaan Pemilukada serentak serta Pemilu," sambungnya.

Secara khusus, Busran menitip pesan kepada para Anggota Bawaslu Sulawesi Barat yang baru nantinya. Ia berharap, lembaga tersebut tetap bekerja secara profesional dan senantiasa siap dengan beragam masukan dari pihak lain.

"Yang paling penting untuk dilakukan adalah memetakan masalah politik di wilayah Sulbar ini. Itu penting sebagai landasan para Anggota Bawaslu agar bekera dapat lebih baik," harap Busran.

Ia juga meminta agar Anggota Bawaslu Sulawesi Barat yang baru nanti dapat bekerja secara independen. Berdiri di garis tak berpihaknya, serta tetap menjunjung tinggi profesional kerja.

"Jangan sekali-sekali terlibat dalam kepentingan kandidat, atau peserta Pemilu. Kalau itu dilakukan, maka yakin saja, akan susah kita dalam bekerja. Tantangan pengawasan Pemilu ke depan ini akan semakin berat. Mulai dari Pemilukada serentak 2018, serta Pemilu yang digelar bersamaan dengan Pilpres 2019 yang akan datang," jelasnya.

"Semua yang baik yang telah berhasil kami kerjakan, harap untuk dilanjutkan. Begitu pula jika masih ada yang kurang, di masa mendatang harus bisa diperbaiki," pungkas Busran Riandi. 

6 nama yang dinyatakan tersebut rencananya bakal mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Bawaslu RI dari tanggal 3-14 September. Kemudian akan ditentukan 3 Anggota Bawaslu Sulawesi Barat yang terpilih. (Naf/A)