Manakarra Local Wisdom Kembali Digelar, Tahun Ini Bertajuk ‘Super Singer’

Wacana.info
Manakarra Local Wisdom; Super Singer. (Foto/Istimewa)

MAMUJU--Tahun 2018 ini, even Manakarra Local Wisdom kembali digelar. Pemerintah kabupaten Mamuju bekerjasama dengan komunitas Jalan Jalan Ner dan WACANA.Info untuk ketiga kalinya akan menghelat Manakarra Local Wisdom; even yang secara khusus didedikasikan pada upaya melestarikan ragam budaya lokal, khususnya di kabupaten Mamuju.

Ada yang beda dari pelaksanaan Manakarra Local Wisdom tahun ini. Jika di dua kali pelaksanaan even ini sebelumnya, penyelenggara fokus pada sejumlah permainan tradisional, tahun ini akan fokus pada pelestarian lagu daerah.

Di ajang Manakarra Local Wisdom tahun ini, penyelenggara bakal menggelar lomba karaoke lagu daerah bertajuk 'super singer'. Pihak panitia pun telah menentukan 25 lagu daerah yang dianggap melegenda untuk diperlombakan.

"Kami ingin memberikan sentuhan berbeda dari penyelenggaraan Manakarra Local Wisdom. Tahun ini, kami berupaya untuk lebih mendekatkan lagu daerah Mamuju kepada khalayak ramai. Ini juga sebagai upaya kami dalam memelihara budaya lokal kita, khususnya di bidang seni," tutur panitia pelaksanan Manakarra Local Wisdom, Ibnu Abadi, Selasa (26/06).

Sejumlah tahapan bakal harus dilewati oleh para peserta ajang super singer Manakarra Local Wisdom tahun ini. Di antaranya, tahap audisi yang akan digekar 7-8 Juli 2018.

Di tahap audisi, para peserta akan diberi kesempatan untuk menunjukkan kebolehannya dalam membawakan salah satu lagu yang telah ditentukan oleh penyelenggara even. Beberapa pihak yang dianggap cakap dan mumpuni juga akan dilibatkan untuk memberi penilaian kepada para peserta.

"Jadi di tahap audisi itu seluruh peserta akan dinilai para juri. Nanti akan dipilih menjadi 10 besar," sambung Ibnu.

Selanjutnya, 10 besar peserta hasil audisi di atas akan diberi pelatihan khusus tentang apa dan bagaimana cara untuk memaksimalkan bakat bernyanyi yang dimiliki oleh peserta hasil audisi. 

Manakarra Local Wisdom; Super Singer

Ruang kompetisi kembali digelar di babak final untuk menentukan tiga peserta terbaik super singer di Manakarra Local Wisdom 2018.

"Finalnya itu akan kita gelar bersamaan dengan hari jadi Mamuju pada tanggal 14 Juli 2018. Kita pilih Anjungan Pantai Manakarra sebagai tempat pelaksanaan final super singer," sebutnya.

Bagi peserta yang keluar sebagai juara satu, dua dan tiga, penyelenggara Manakarra Local Wisdom telah menyiapkan sejumlah hadiah menarik. Serta memberi jaminan kepada ketiganya untuk merasakan sensasi rekaman plus pembuatan video klip.

"Persertanya kita terbuka untuk umum. Asal yang berdangkutan merupakan warga Sulbar," pungkasnya.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi; 082301391999 (Ince Sohra)

(*)