Bukan di Buttu Ciping, HUT Sulbar Dipusatkan di DPRD

Wacana.info
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Sulbar, Muh Natsir. (Foto/Net)

MAMUJU--Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat akhirnya memutuskan pelaksanaan HUT Sulawesi Barat ke-17 dipusatkan di Mamuju. DPRD Sulawesi Barat bakal jadi tempat pelaksanaan paripurna istimewa sekaligus penanda hari jadi Sulawesi Barat ke-17 pada 22 September 2021 mendatang.

Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, Muh Natsir mengungkapkan, perayaan HUT Sulawesi Barat ke-17 akan ditandai dengan pelaksanaan rapat paripurna DPRD di Mamuju.

"Jadi nanti dipusatkan di DPRD," ungkap Muh Natsir kepada WACANA.Info, Senin (13/09).

Penegasan Muh Natsir itu sekaligus mengakhiri polemik terkait tempat pelaksanaan rangkaian HUT Sulawesi Barat ke-17. Sebab sebelumnya, pemerintah Provinsi Sulawesi Barat telah dengan sangat siap untuk menggelar seluruh rangkaian HUT di taman budaya Buttu Ciping, Tinambung, Polman.

Rencana yang mendapat banyak penolakan dari sejumkah pihak, termasuk dari DPRD Sulawesi Barat. Sebagian besar anggota DPRD Sulawesi Barat berpandangan, menyatukan seluruh rangkaian kegiatan HUT di satu tempat, apalagi dengan rencana menggelar ragam pertunjukan kesenian, menyimpan potensi penularan virus Covid-19 yang begitu besar.

"Di Buttu Ciping itu nanti agenda lain. Karena itu merupakan kegiatan tersendiri. Tentu membutuhkan waktu penyempurnaan penyelesaian pembangunan cagar budaya dan museum (di Buttu Ciping). Apakah nanti pelaksanaan di sana kita laksanakan di bulan Oktober ini, atau bagaimana nanti," sambung Muh Natsir, pria yang juga ketua panitia HUT Sulawesi Barat ke-17.

Dari penjelasan Muh Natsir, proses pengerjaan kompleks taman budaya di Buttu Ciping memang belum sepenuhnya tuntas. Ia pun menyebut, agenda di Buttu Ciping akan disesuaikan dengan berbagai momentum nasional yang bakal diperingati dalam waktu dekat.

"Kita masih mengkaji dulu perkembangan pengerjaannya. Kalau memang sudah rampung semua nanti kita lihat. Apalagi di Oktober itu ada banyak hari besar. Ada 1 Oktober itu hari kesaktian Pancasila, 5 Oktober hari ABRI dan 28 Oktober itu hari sumpah pemuda. Tentu bisa kita rangkaikan dengan kegiatan-kegiatan itu," pungkas Muh Natsir. (Naf/B)