Kita Mulai di ‘Mamuju Music Room’

Wacana.info
(Foto/Istimewa)

MAMUJU--Teknologi informasi yang kian hari kian menggeliat, ditambah pandemi Covid-19 yang hingga kini belum juga menunjukkan tanda-tanda bakal mereda bikin seluruh segmentasi kehidupan masyarakat wajib untuk terus beradaptasi. Pun dengan mereka yang sehari-hari menghabiskan waktu dengan bermain musik.

Di kondisi seperti sekarang ini, dimana event musik tak lagi dibolehkan, maka tak ada pilihan lain bagi para musisi selain memanfaatkan ruang lain untuk terus menegaskan eksistensinya sebagai seorang seniman. Maka memaksimalkan teknologi informasi jadi salah satu opsi yang dianggap paling menjanjikan untuk saat ini.

Dari sana, lahirlah Mamuju Music Room. Sebuah program yang diinisiasi oleh sekolompok musisi Mamuju yang menghendaki sebuah gebrakan di Kabupaten Mamuju.

Irwan Umar, inisiator Mamuju Music Room mengatakan, program tersebut merupakan pengejewantahan dari ikhtiar memfasilitasi ragam talenta musik yang ada di kota Mamuju yang selama ini belum terekspos secara maksimal.

"Bagaimana agar talenta-talenta musik yang ada di Mamuju itu bisa dilihat sekaligus dinikmati oleh siapa saja, dimana saja," ucap Irwan Umar, Sabtu (24/07).

Terinspirasi dari program sukses milik Net TV; Music Everywhere, Mamuju Music Room pun mengusung konsep live perform. Masing-masing bintang tamu; entah itu band atau soloist bakal memberi penampilan terbaiknya secara live dari atas panggung.

"Termasuk juga musik-musik tradisional Mamuju, akan kami tampilkan secara live," sambung dia.

Platform You Tube akan jadi fasilitas utama yang bakal dimanfaatkan untuk menyebarluaskan segala hal tentang Mamuju Music Room. Bathola, founder MCinema.id mengurai, setiap penampilan live dari talent-talent tersebut bakal dibuat semenarik mungkin. Sisi audio dan visualnya bakal didesain semaksimal mungkin.

"Kami siapkan alat khusus untuk tujuan itu. Agar audio visual yang dihasilkan bisa maksimal," ucap pria yang juga teribat aktif dalam penggarapan Mamuju Music Room.

Bathola pun menyebut, setiap produksi Mamuju Music Room akan disebarluaskan ke sejumlah content creator yang ada di beberapa kota di Indonesia. Ia mengaku akan memanfaatkan jaringan yang ia miliki untuk menyebarluaskan setiap episode Mamuju Music Room.

"Kita targetkan seminggu sekali tayang. Paling tidak, dengan ini kita bisa menyebarluaskan talenta-talenta musik yang ada di Mamuju," demikian Bathola.

Mamuju Music Room kini dalam tahap finalisasi. Orang-orang di balik layar penggarapan program tersebut sedang dalam fase persiapan. Memperbanyak meeting dengan para talent yang bakal tampil. (*)