Bareng RTIK, Pemkab Mamuju Usung UMKM Go Digital

Wacana.info
Penandatanganan Komitmen Bersama dengan RTIK Cabang Mamuju. (Foto/Lisa Sari Dewi)

MAMUJU-Membangkitkan gairah di sektor UMKM jadi salah satu upaya Pemkab Mamuju dalam membangun nafas ekonomi pasca musibah gempa bumi berkekuatan 6.2 magnitudo pertengahan Januari silam. Tak tanggung-tanggung Pemkab Mamuju lewat Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian menggandeng sejumlah mitra strategis untuk mendorong UMKM agar roda produktivitasnya bisa berputar lebih cepat lagi.

Membangun relasi dengan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kabupaten Mamuju salah satunya.

Model kolaborasi Relawan TIK bersama Pemkab Mamuju tersebut bertujuan untuk mendorong UMKM menggunakan platform digital sebagai basis pemasaran dimasa pembatasan sosial dan pasca adanya kerusakan sejumlah infrastruktur UMKM akibat bencana gempa bumi.

Ketua Cabang Relawan TIK Kabupaten Mamuju, Abdul Wahab menuturkan, untuk program jangka pendek bersama pemerintah daerah, yang bakal dilakukan diantara pendampingan. Itu dilakukan dengan mendorong pelaku UMKM menggunakan marketplace sebagai basis pemasaran mereka.

"Di Relawan TIK untuk program jangka pendek ini dengan mengarahkan aplikasi marketplace dan jasa pemasaran bernama Kururio. menggunakan platform pembayaran digital qren, qrisnya Telkom. Basis Kururio sendiri dibuat oleh kawan-kawan Relawan TIK Indonesia dan telah beroperasi pada 100 lebih Kabupaten/Kota," beber Wahab, Sabtu (25/06).

Pada kesempatan yang lain, Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi menjelaskan, upaya pemerintah dalam mendorong UMKM Go Digital tersebut merupakan bagian dari ikhtiar untuk senantiasa menjaga ekosistem perekonomian warganya. Tak terkecuali dengan menggandeng platform digital.

"Kita optimis mengingat produk produk kita sudah layak. Sehingga salah satu upaya kita adalah dengan membangun kemitraan bersama Kururio untuk mengakomodir produk UMKM masuk ke pasar digital," begitu kata Sutinah.

Pencanangan kolaborasi Pemkab Mamuju bersama sejumlah mitra strategisnya ditandai lewat penandatangan komitmen bersama untuk memberi dukungan penuh terhadap pertumbuhan dan pengembangan UMKM di Kabupaten Mamuju. Program dukungan dan kolaborasi tersebut diberi tagline 'Taki Siola UMKM Keren'.

Penandatanganan komitmen tersebut disaksikan oleh lebih kurang lima puluh pelaku UMKM yang juga sedang menggelar pameran bersama. Pameran yang digelar di water park d’Maleo Hotel Mamuju pada Sabtu (26/6) hingga Minggu (27/6) pekan ini.(*/Naf)