Layanan OSS Mudahkan Pengurusan Izin Usaha

Wacana.info
Kepala DPMPTSP Sulbar, Muhammad Rahmat. (Foto/Istimewa)

MAMUJU--"Kami memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya kepada para pelaku usaha mengenai ketentuan-ketentuan pelaksanaan mekanisme perizinan dan non perizinan. Khususnya untuk layanan OSS ini,".

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulawesi Barat, Muhammad Rahmat, Jumat (11/06). 
Menurut Rahmat, pengaplikasian OSS atau secara sederhana dapat disebut sebagai pelayanan perizinan yang terintegrasi secara elektronik merupakan upaya pemerintah dalam memberi kemudahan kepada masyarakat dalam mengurus izin usahanya.

"Sebagai sesuatu yang terbilang masih baru, pengaplikasian OSS di daerah kita ini memang perlu untuk terus disosialisasikan. Penting sebab muaranya bakal membantu tumbuh kembang dunia usaha di daerah kita," sambung dia.

Masih oleh Rahmat, sistem OSS, izin berusaha didapat dilakoni oleh pelaku usaha dalam waktu kurang dari satu jam. Dengan pengaplikasiannya, izin berusaha yang diajukan sebelum diberlakukannya pengaplikasian sistem itu dan belum diterbitkan izinnya, akan diproses melalui sistem OSS.

"Selain melalui PTSP, masyarakat dapat mengakses sistem OSS secara langsung di mana pun dan kapan pun secara mudah sehingga tidak memerlukan keahlian khusus," kata Rahmat.

"Ujungnya kan perputaran ekonomi bisa menunjukkan trend yang positif. Dengan begitu harapan untuk kesejahteraan masyarakat bisa terwujud," pungkas Muhammad Rahmat. (ADV)