Membumikan Pancasila, Mulai dari Diri Sendiri

Wacana.info
Syamsul Samad saat Membawakan Materi di Acara Kesbangpol. (Foto/Manaf Harmay)

MAMUJU--Mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, termasuk terlibat aktif dalam setiap upaya perdamaian dunia, merupakan poin penting yang menjadi tujuan bernegara. Mewujudkan nilai-nilai luhur Pancasila jadi syarat mutlak yang mesti dipenuhi untuk merealisasikan tujuan bernegara tersebut.

Ketua Komisi I DPRD Sulawesi Barat, Syamsul Samad memebeberkan, jika nilai yang terkandung dalam Pancasila dapat dibumikan dalam kehidupan sosial sehari-hari, wujud dari segenap kebiakan bukan lagi sesuatu yang sulit untuk tercapai.

Hal tersebut disampaikan Syamsul saat didaulat membawakan materi pada agenda dialog revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila bagi tokoh agama, tokoh pemuda dan masyarakat yang diinisiasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sulawesi Barat, Rabu (9/06).

"Tak usah berpikir terlalu jauh. Mari memulainya dari lingkupan terkecil dalam kehidupan sosial kita masing-masing. Mari membumikan Pancasila, paling tidak dari diri sendiri," terang Syamsul.

Pancasila dengan bhineka tunggal ika-nya jadi perekat utama Bangsa Indonesia. Menurut Syamsul, punya beberapa nilai yang idealnya mewujud dalam setiap langkah dan tindak tanduk segenap manusia Indonesia. 

"Di sana ada toleransi, keadilan, gotong royong, solidaritas, kejujuran, kepercayaan, tanggung jawab, kepedulian serta produktivitas. Bayangkan jika nilai-nilai tersebut benar-benar mewujud dalam kehidupan sosial kita sehari-hari, maka tak akan ada lagi cerita miring di Negeri ini," pungkas Syamsul Samad, politisi Demokrat itu. (ADV)