KPK Dorong Pilkada Berintegritas, KPU Sulbar: Kami Harap Semua Paslon Bisa Hadir

Wacana.info
Komisioner KPU Sulbar, Said Usman Umar. (Foto/Manaf Harmay)

MAMUJU--Komisi Pemberantasan Korusi (KPK) bakal menggelar program pembekalan bagi para calon Kepala Daerah. Program tersebut oleh KPK dinamai dengan "Pilkada Berintegritas'. Program tersebut bertujuan untuk mempersiapkan para calon Kepala Daerah agar dapat menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan dan mengutamakan pelayanan publik.

Dikutip dari salinan surat resmi KPK yang ditujukan ke KPU RI bernomor B/4500/DKM.01.01/01-14/09/2020, dengan program tersebut, para calon akan mendapat informasi tentang kemajuan pencapaian pemerintah daerah terhadap program-program KPK yang sedang berlangsung di daerahnya. 

"KPK berharap pembekalan ini bermanfaat bagi Kepala Daerah yang kelas terpilih dalam rangka membangun daerahnya masing-masing," begitu bunyi surat KPK yang diteruskan ke WACANA.Info, Rabu (11/11).

Program Pilkada berintegritas itu sendiri mencakup beberapa kegiatan. Diantaranya, webinar nasional, pembekalan online bagi pasangan calon Kepala Daerah dan penyelenggara Pemilu, deklarasi online LHKPN pasangan calon Kepala Daerah, talkshow pemimpin berintegritas dan e-learning bagi penyelenggara dan pemilih.

"Program ini ditujukan bagi 270 lokus Pilkada," begitu KPK dalam surat resmi yang diteken langsung oleh Ketua KPK, Firli Bahuri itu.

Program Pilkada Berintegritas oleh KPK. (Foto/Istimewa)

KPU RI sendiri telah menindaklanjuti surat resmi dari lembaga anti rasuah itu ke masing-masing KPU di daerah yang menggelar Pemilukada 9 Desember tahun 2020 ini. Komisioner KPU Sulawesi Barat, Said Usman Umar kepada WACANA.Info menjelaskan, Sulawesi Barat kebagian jadwal untuk agenda Pilkada Berintegritas itu pada tanggal 12 November 2020. 

"Kami sudah diskusi dengan paniatia dari KPK terkait kegiatan tersebut. KPU kabupaten se Sulbar juga telah menyampaikan ke masing-masing Paslon akan pelaksanaan kegiatan dimaksud. Jadi Insya Allah besok publik bisa hadir bersama via online dalam webinar Pilkada Berintegritas," ucap Said Usman via WhatsApp.

Said Usman berharap, semua pasangan calon Kepala Daerah yang bertarung di empat Pemilukada di Sulawesi Barat untuk dapat mengitui agenda dari KPK tersebut. Kata dia, selain ada pembekalan, Pilkada Berintegritas juga bakal diwarnai oleh ragam agenda penting lainnya.

"Kita berharap, semua Paslon di Sulbar mengikuti kegiatan tersebut. Akan ada pembekalan untuk menjadi pemimpin yang berintegritas, ada penandatangan pakta integritas dan beberapa kegiatan lainnya," ucap dia.

"Kami dari penyelenggara Pemilu pun diwajibkan untuk menghadiri secara online kegiatan tersebut, semua KPU kabupaten se Sulbar sdh mendaftar. Untuk sesi besok, kami bersama Jabar, Bengkulu, dan Riau," simpul Said Usman Umar. (*/Naf)