KIM; untuk Penyebaran Informasi yang Efektif

Wacana.info

MAMUJU--Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) jadi salah satu komponen penting dalam penyebarluasan informasi dari dan untuk masyarakat.

Di Kabupaten Mamuju, KIM tampil ambil bagian dalam menyebarluaskan informasi utamanya di dua unsur: masyarakat dan pemerintah.

Bupati Mamuju, Habsi Wahid mengaku, kehadiran KIM cukup efektif untuk menyampaikan informasi pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah saat ini.

"Efektif. Tapi tentu dengan kepentingan-kepentingan yang ada di Desa masing-masing," terang Habsi Wahid, Rabu (28/07).

Pria yang mantan Sekertaris Daerah Kabupaten Mamuju itu pun memberi apresiasinya atas dedikasi yang dilakukan oleh KIM. Karena KIM yang telah tersebar di sejumlah desa telah bekerja atas dasar keikhlasan.

"Mereka sudah berjalan dengan baik. Tentu ada hal-hal yang mungkin juga ada yang tidak sesuai dengan apa yang diharapankan karena mereka itu adalah sukarela. Tidak digaji, hanya melibatkan diri sebagai relawan, sebagai pemberi informasi sekaligus memberikan masukan-masukan bagi pemerintah daerah atas aspirasi-aspirasi masyarakat," terang Habsi Wahid.

Selain sebagai wahana informasi-komunikasi, KIM juga berperan sebagai wahana perubahan masyarakat. Perannya dapa dilihat dari pemberdayaan masyarakat untuk dapat memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah sendiri dengan sumber daya dan inisiatif sendiri.

Tak hanya itu, KIM juga menjadi sarana pemberdayaan ekonomi masyarakat. KIM hadir guna mendorong masyarakat untuk menggerakkan aktivitas ekonomi produktif dengan memanfaatkan informasi sebagai nilai tambah untuk mencapai kesejahteraan dan meningkatkan taraf hidup. (ADV)