Beras untuk Warga Transmigrasi, UI Mamuju Sasar Kota

Wacana.info
Bantuan Beras untuk Warga Transmigrasi. (Foto/Humas Pemprov Sulbar)

MAMUJU--Tak kurang 27.300 Kg beras disalurkan pemerintah provinsi Sulawesi Barat khusus kepada warga transmigrasi yang ada di wilayah provinsi Sulawesi Barat, Rabu (20/05). Kegiatan tersebut dikerjasamkan dengan Perum Bulog Sub divre Mamuju.

Sekprov Sulawesi Barat, Muhammad Idris saat melakoni penyerahan simbolis bantuan tersebut mengatakan, paket beras itu diperuntukkan bagi warga transmigrasi yang terdampak pandemi virus corona. 

Kata dia, bantuan tersebut merupakan bentuk kerjasama antara pemerintah provinsi dengan Perum Bulog. Selanjutnya bakal dibagikan kepada warga di enam pemukiman transmigrasi binaan potensial yang berjumlah 455 KK.

"Semoga bantuan ini bisa membantu meringankan beban warga transmigrasi yang memiliki keterbatasan untuk bergerak selama wabah covid-19 ini," beber Muhammad idris seperti dikutip dari rilis Humas pemerintah provinsi Sulawesi Barat.

Masih kata Idris, pemerintah provinsi akan terus hadir dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan bantuan, utamanya di masa pandemi virus corona seperti sekarang ini.

"Kita menyampaikan apresiasi kepada relawan. Karena pemerintahan saja tidak cukup. Olehnya itu saya mengajak kepada relawan dan masyarakat untuk bersama-sama melawan wabah covid-19 ini," demikian Muhammad idris.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Transmigrasi provinsi Sulawesi Barat, Herdin Ismail mengatakan, bantuan tersebut disemogakan dapat meringankan kesulitan ekonomi bagi seluruh warga transmigrasi yang telah menjadi bagian dari masyarakat Sulawesi Barat.

Jika dirupiahkan, paket Sembako yang dibagikan setara dengan Rp 287.823.900. Akan disalurkan ke Polewali Mandar sebanyak 100 KK, Majene sebanyak 25 KK, Mamuju sebanyak 50 KK, Mamasa sebanyak 215 KK, Pasangkayu sebanyak 25 KK dan Mamuju Tengah sebanyak 40 KK.
 
Penyerahan bantuan tersebut turut disaksikan Ketua DPRD Sulawesi Barat, Suraidah Suhardi, Kapolda Sulawesi Barat, Irjen. Pol. Eko Budi Sampurno, Kajati Sulawesi Barat, Darmawel Aswar, Kepala Perum Bulog Sub dirve Mamuju, Muhammad Yatsir serta sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemprov Sulawesi Barat.

UI Mamuju Salurkan Paket Sembako di Dua Kecamatan

UI Mamuju Bagikan Paket Sembako ke Masyarakat. (Foto/Istimewa)

Kepekaan sosial menjadi hal yang mesti hadir di tengah kesulitan hidup saat karena sebaran virus corona. Terlebih pandemi virus asal Wuhan, Tiongkok itu berlangsung saat umat Muslim sedang menjalani ibadah puasa. 

Salah satu bentuk dari kepekaan sosial tersebut ditunjukkan oleh bakti sosial yang dilaksanakan United Indonesia (UI) Mamuju.

Puluhan paket Sembako hasil donasi dari para member UI Mamuju disalurkan ke sejumlah warga kurang mampu. Dalam pelaksanaannya, UI Mamuju fokus di dua kecamatan, Simboro dan Mamuju.

"Kami datang langsung ke rumah-rumah warga. Khususnya di dua kecamatan itu. Kami sadar betul, di tengah pandemi seperti sekarang ini, perputaran ekonomi masyarakat sangat terganggu. Kami pun berharap, dengan bantuan alakadarnya ini dapat meringankan beban masyarakat di tengah pandemi virus corona dan saat sebagian besar masyarakat sedang dalam ibadah di bulan Ramadhan," papar koordinator daerah UI Mamuju, Ahmad Lukas. (*/Naf)