Demokrat Salurkan 31 Ribu Paket Sembako se-Sulbar

Wacana.info
Paket Sembako Dari Demokrat untuk Sejumlah Kecamatan di Kabupaten Mamuju. (Foto/Manaf Harmay)

MAMUJU--DPD Demokrat Sulawesi Barat menyalurkan 31 Ribu paket Sembako di enam kabupaten se provinsi Sulawesi Barat. Penyalurannya sendiri dilakukan oleh masing-masing DPC dan fraksi Demokrat yang ada di kaupaten Polman, Majene, Mamuju, Mateng, Pasangkayu dan kabupaten Mamasa.

Sekretaris DPD Demokrat Sulawesi Barat, Abd Wahab Abdy menjelaskan, selain paket Sembako, Demokrat juga menyalurkan ragam bantuan laiannya kepada masyarakat. Ada 1.000 APD, 11.700 masker, 1.200 sarung tangan, 850 liter hand sanitizer, serta 25 westafel.

Pembagian Paket Sembako Oleh DPC Demokrat Mamasa. (Foto/Istimewa)

"Kami juga membagikan 900 liter sabun cuci tangan, 2.500 liter cairan disinfektan, 500 unit alat semprot, serta 1.300 lembar baju koko," tutur Wahab Abdy dalam keterangan tertulisnya kepada WACANA.Info, Rabu (20/05).

Ragam bantuan kepada masyarakat itu, sambung Wahab, merupakan cara Demokrat untuk bersimpati kepada masyarakat. Terlebih pandemi virus corona berlangsung di tengah suasana bulan suci Ramadhan.

"Sesuai dengan instruksi Ketua Umum partai Demokrat, kami membagikan bantuan tersebut kepada masyarakat. Harapannya, semoga bisa membantu meringankan beban masyarakat di tengah virus corona dan dalam suasana bulan suci Ramadhan tahun ini," beber pria yang dulunya menjabat direktur eksekutif DPD Demokrat Sulawesi Barat itu.

Pembagian Paket Sembako Oleh DPC Polman. (Foto/Istimewa)

Dikutip dari demokrat.or.id, Ketua Umum partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebelumnya telah mengeluarkan instruksi kepada para kader untuk melakukan kegiatan Gerakan Nasional Partai Demokrat Peduli dan Berbagi.

Instruksi Ketua Umum Nomor 03 ini merupakan lanjutan dari Instruksi Ketua Umum Nomor 01 tentang Gerakan Nasional 'Demokrat Lawan Corona' dan Nomor 02 tentang Utamakan Keselamatan Diri saat melaksanakan kegiatan Gerakan Nasional 'Demokrat Lawan Corona'.

"Di tengah suasana Ramadhan yang penuh berkah ini, mari kita wujudkan spirit Islam Rahmatan lil Alamin dengan sikap dan laku politik yang nasionalis dan religius kepada semua pihak, termasuk saudara-saudara umat agama lainnya," kata AHY.

"Esensinya, meskipun berbeda agama, tetapi harus menjunjung tinggi nilai persaudaraan sebagai sesama warga negara, ukhuwah wathaniyah, dan juga persaudaran dalam kemanusiaan, ukhuwah insaniyah," lanjutnya.

Pembagian Paket Sembako Oleh DPC Demokrat Majene. (Foto/Istimewa)

AHY meminta para kader untuk melaksanakan identifikasi kelompok masyarakat yang terdampak Wabah covid-19 secara sosial dan ekonomi, termasuk anak-anak yatim piatu, masyarakat kurang mampu, lansia, dan kelompok disabilitas, terutama yang belum mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah setempat.

"Hal ini ditujukan untuk memudahkan pendistribusian bantuan sosial secara cepat dan tepat sasaran," terang AHY.

Lebih lanjut AHY menginstruksikan untuk melakukan pengumpulan dana secara swadaya dan kebutuhan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) sesuai kemampuan masing- masing.

"Jenis dan variasi bantuan sembako disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan di daerah masing-masing, dan pendistribusiannya dilakukan secara adil dan merata sesuai dengan hasil pemetaan kelompok masyarakat sebelumnya," AHY menjelaskan.

Pembagian Paket Sembako Oleh DPC Demokrat Mateng. (Foto/Istimewa)

Tidak lupa AHY meminta para kader tetap mengutamakan keselamatan diri saat melaksanakan kegiatan Gerakan Nasional Demokrat Peduli dan Berbagi. (*/Naf)