Update Kasus Covid-19 di Sulbar, Alhamdulillah Satu Orang Dinyatakan Negatif

Wacana.info
Data Covid-19 di Sulbar (Infografis/covid19.sulbarprov.go.id)

MAMUJU--Ibarat mata air di tengah gurun pasir. Satu orang pasien positif covid-19 asal kabupaten Mamuju yang dinyatakan negatif seolah jadi pelipur lara di tengah kian massifnya penyebaran virus corona (penyebab covid-19) di provinsi ke-33 ini.

Pernyataan resmi yang disampaikan gugus tugas penanganan covid-19 provinsi Sulawesi Barat yang diterima WACANA.Info, Kamis (7/05) menyebut, satu pasien positif covid-19 berinisial AA dinyatakan negatif berdasarkan pemeriksaan RT-PCR /swab tes pada tanggal 16 April 2020 dan 28 April 2020.

AA yang kasus 02 asal kabupaten Mamuju itu merupakan pasien positif covid-19 yang selama ini melakukan program isolasi mandiri di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Pihak keluarga pun menyambut gembira hasil pemeriksaan RT-PCR /swab tes tersebut.

"Alhamdulillah, kami sudah terima hasil lab-nya. Kami pihak keluarga tentu sangat bersyukur atas kabar tersebut," ungkap Ahmad Setiawan, kakak AA yang dihubungi via sambungan telepon.

Meski telah dinyatakan negatif, Ahmad Setiwan meminta AA untuk tetap mewaspadai penyebaran virus yang menyerang saluran pernapasan itu. Kata Ahmad, AA oleh pihak keluarga diminta agar senantiasa menaati setiap imbauan pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Kami tetap minta agar ia rajin cuci tangan, pakai masker jika harus keluar rumah, tetap jaga jarak, serta hal-hal lain yang menjadi imbauan pemerintah. Ini penting sebab belum ada studi yang dapat memastikan pasien yang sudah pernah terinfeksi virus corona itu akan kebal. Jadi tidak ada pilihan lain," begitu kata Ahmad Setiawan.

Hasil laboratorium yang diterima oleh AA tersebut menambah jumlah pasien covid-19 yang telah dinyatakan sembuh. Kini sudah ada lima orang yang dinyatakan sembuh, dari total jumlah kasus positif covid-19 di Sulawesi Barat sebanyak 58.

Berikut data positif covid-19 sampai dengan tanggal 7 Mei 2020 pukul 16.00 seperti keterangan tertulis gugus tugas penanganan covid-19 provinsi Sulawesi Barat:

*   Dua orang dari kabupaten Majene
    Satu orang sudah dinyatakan sembuh
    Satu orang di ruang karantina RS regional

*   Empat orang dari kabupaten Mamuju
    Dua orang sudah dinyatakan sembuh
    Dua orang diisolasi mandiri di gedung karantina RS regional

*   Lima pasien dari kabupaten Pasangkayu
    Satu orang sudah dinyatakan sembuh
    Tiga orang dirawat di RSUD Pasangkayu
    Satu orang isolasi mandiri di Pasangkayu dan dalam pengawasan tim gugus Pasangkayu

*   32 pasien asal Mamuju Tengah
    Satu orang sudah dinyatakan sembuh
    Delapan orang dirawat di RS regional
    Dua orang dirawat di RSUD Mamuju Tengah
    20 orang dirawat di gedung karantina Salugatta, dan satu orang meninggal

*  15 pasien dari kabupaten Polman
    12 orang dirawat di RSUD Polman
    Satu orang dirawat di RS Wahidin Makassar
    Satu orang isolasi mandiri di kediamannya
    Satu orang meninggal
(*/Naf)