Tok Tok Tok... AHY Pimpin Demokrat, Aklamasi

Wacana.info
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Saat Berkunjung ke Mamuju. (Foto/Manaf Harmay)

Tok Tok Tok... AHY Pimpin Demokrat, Aklamasi

JAKARTA--Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terpilih secara aklamsi sebagai ketua umum partai Demokrat. Keputusan itu diambil setelah sidang paripurna melakukan verifikasi dan menyatakan AHY memenuhi persyaratan menjadi ketua umum dalam Kongres ke-V partai Demokrat 2020 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (15/03).

Ketua DPD Demokrat Sulawesi Barat, Suhardi Duka menilai, AHY yang secara resmi terpilih sebagai ketua umum di arena kongres ke-V itu merupakan bukti betapa prinsip regenerasi itu berjalan dengan ideal di tubuh partai yang resmi disahkan pada tanggal 25 September 2001 itu.

"Partai demokrat telah sukses melakukan regenerasi dan memunculkan generasi sebagai pemimpin partai. Hal ini dapat menjadi model bagi yang lain bahwa regresi kepemimpinan itu mutlak," ucap Suhardi Duka, Minggu (15/03).

Masih kata dia, memilih pemimpin partai secara aklamasi bukanlah hal yang mudah.

"Tapi partai Demokrat mampu melakukan karena kuatnya kepemimpinan SBY disatu sisi, dan kader pun di lain sisi menerima AHY sebagai pelanjut tonggak kepemimpinan baru," cetus Suhardi Duka yang anggota DPR-RI itu.

AHY Usai Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. (Foto/Suraidah Suhardi)

AHY si sulung dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Almarhum Kristiani Herrawati itu diketahui jadi satu-satunya figur yang mendaftar sebagai calon ketua umum partai berlambang bintang mercy pada kongres ke-V.

"Aklamasi untuk AHY. Pelaksanaan kongres ini terbilang paling cepat. Tidak ada dinamika, gejolak atau riak di dalam kongres kali ini. Dalam tahap pendaftaran calon ketua umum tadi, hanya AHY yang mendaftar," beber Ketua DPC Demokrat Mamuju, Suraidah Suhardi dalam keterangannya kepada WACANA.Info

Kata Suraidah, saat ini kongres ke-V partai Demokrat telah memasuki tahap persiapan untuk penutupan. Pelaksanaan kongresnya dipercepat oleh karena kian meluasnya penyebaran virus Corona, khususnya di Ibu Kota.

"Diberi kesempatan kepada ketua terpilih dalam menyusun kepengurusannya paling lambat selama 30 hari. Kongres ini dipersingkat karena kita khawatir adanya virus corona ini," pungkas Suraidah Suhardi, politisi cantik yang juga Ketua DPRD Sulawesi Barat itu.

Kader di Daerah Memang Menginginkan AHY

AHY yang sebelumnya didapuk sebagai Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) DPP Demokrat memang jadi favorit dari para kader dan simpatisan Demokrat di daerah. 

Ketua DPC Demokrat Pasangkayu, Musawir Az Ihsam mengungkapkan, AHY memang jadi satu-satunya nama yang diinginkan kader untuk melanjutkan kepemimpinan sang ayah, Susilo Bambang Yudhoyono di partai pemilik 54 kursi di DPR RI itu.

"Itu kan terpilihnya secara aklamasi. Karena memang atas dukungan dari para kader. Benar bahwa ini memang keinginan kader di daerah," ujar Musawir.

Para Ketua DPC dan Ketua DPD Demokrat Sulbar di Arena Kongres ke-V Partai Demokrat. (Foto/Suraidah Suhardi)

Para kader Demokrat, sambung Musawir, juga meminta kepada Susilo Bambang Yudhoyono untuk tetap duduk di struktur kepengurusan partai Demokrat sebagai ketua majelis tinggi dan ketua majelis pertimbangan partai Demokrat.

"Ada 10 visi Pak AHY dalam rangka agar demokrat kembali berjaya. Termasuk di dalamnya soal Pilkada. Demokrat itu harga mati kader, tetap memprioritaskan kader untuk maju di pentas Pilkada tahun 2020. Itu dibahas AHY dalam sambutannya," tutup Musawir AZ Ihsam. yang bakal calon Wakil Bupati Pasangkayu itu. (Naf/A)