Pemprov Sulbar Respon IKP Tahun 2020

Wacana.info
Kepala Badan Kesbangpol Sulbar Saat Mengikuti Rakor Kemendagri di Bali. (Foto/Istimewa)

MAMUJU--Kabupaten Mamuju, Mamuju Tengah dan Pasangkayu adalah tiga daerah yang oleh Bawaslu dalam Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pilkada tahun 2020 masuk dalam 10 besar daerah yang dianggap paling rawan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Muhammad Rahmat Sanusi berharap, masyarakat khususnya yang ada tiga kabupaten di atas untuk terlibat aktif dalam menyukseskan gelaran Pilkada serentak tahun 2020 ini. Bukan dengan cara menambah panasnya gesekan karena perbedaan pilihan politik.

"Tapi dengan membangun kesadaran bahwa pelaksanaan Pilkada ini semata-mata adalah cara untuk melahirkan pemimpin daerah yang demokratis," ucap Rahmat Sanusi dalam keterangan persnya, Senin (2/03).

Selain partisipasi publik, Rahmat juga menilai, peran penyelenggara Pilkada di semua tingkatan mesti dimaksimalkan. Baik itu KPU maupun Bawaslu, Rahmat berharap agar menunjukkan kinerja yang berkualitas serta senantiasa menunjukkan integritas.

"Kepada penyelenggara, bekerjalah dengan integritas yang tinggi. Buktikan kualitas serta jangan main-main dengan kepentingan politik tertentu," sambung Rahmat Sanusi.

Dalam waktu dekat, Badan Kesbangpol Sulawesi Barat bersama pihak terkait lainnya bakal berkunjung ke empat kabupaten di Sulawesi Barat yang akan menggelar Pemilukada tahun ini. Kunjungan kerja itu, kata Rahmat, semata-mata ingin memastikan segala persiapan menuju pesta demokrasi lima tahunan itu benar-benar telah dilakukan.

"Selain ingin memastikan bahwa hal-hal yang sifatnya preventif sudah dilakukan di masing-masing kabupaten," pungkas Muhammad Rahmat Sanusi. (*/Naf)