Tangkal Paham Radikal Terorisme, FKPT Perlu Lebih Dikuatkan

Wacana.info
Rakor FKPT di Jakarta. (Foto/Istimewa)

JAKARTA--Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) IV digelar Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) di Jakarta. Salah satu hal yang menjadi isu utama dalam Rakornas tersebut adalah bagaimana agar FKPT secara kelembagaan bisa lebih dikuatkan.

Ketua FKPT Sulawesi Barat, Muhammad Rahmat Sanusi menjelasakan, penyebaran paham radikal terorisme sudah ada di titik yang cukup menghkawatirkan. Di mata Rahmat, FKPT sebagai salah satu ujung tombak dalam upaya mencegah paham radikal terorisme di masyarakat mesti lebih dikuatkan lagi,

"Penting memang untuk menguatkan FKPT di daerah. Apalagi kita di Sulbar ini yang secara geografis terhitung rawan dalam hal penyebaran paham radikal terorisme," ujar Muhammad rahmat Sanusi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (11/12).

Rahmat Sanusi yang juga Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) provinsi Sulawesi Barat itu menyebut, hal lain yang juga harus dilakukan demi kekuatan FKPT dalam menjalankan tupoksinya adalah dengan terus memperkenalkan FKPT di tengah masyarakat. Menurutnya, keberadaan FKPT di tengah masyarakat harus benar-benar nyata.

"Utamanya bagi kalangan milenial. FKPT harus mengambil peran penting dalam setiap upaya pencegahan paham radikal terorisme. Makanya, FKPT mesti lebih dikenal lagi," sambungnya.

Menurutnya, treatment yang dilakukan FKPT harus tepat sasaran. Apalagi terhadap generasi muda untuk menyebarkan pesan perdamaian di Indonesia, khususnya di Sulawesi Barat.

"Bagaimana kita mencari suatu treatment bagaimana anak muda kita yang milenial bisa mengerti terhadap pesan-pesan yang kita sampaikan yaitu untuk pencegahan, menanamkan mereka cinta tanah air sehingga tidak terpapar paham-paham tidak baik," begitu kata Muhammad Rahmat Sanusi. (ADV)