Andri Jemput Program Bedah Warung di Kemendag

Wacana.info
Penyerahan Bantuan Gerobak dan Kelengkapannya Kepada Pemerintah Kabupaten Mamuju, Majene dan Mamasa. (Foto/Istimewa)

MAMUJU--Anggota DPD-RI, Andri Prayoga Putra Singkarru mengaku sedang mendiskusikan program bedah warung dengan pihak Kementerian Perdagangan (kemendag) untuk dapat diaplikasikan di Sulawesi Barat.

Hal itu ia sampaikan di sela-sela penyerahan bantuan gerobak beserta kelengkapannya kepada 150 Pedagang Kaki Lim (PKL) di tiga kabupaten di Sulawesi Barat, Selasa (10/12).

Kepada sejumlah wartawan, anggota Komite II DPD-RI itu saat ini sedang mengupayakan program bedah warung di Kemendag untuk dapat segera disalurkan di Sulawesi Barat. Menurutnya, program tersebut jelas bakal berdampak positif pada sektor perdagangan dan perekonomian para pelaku UMKM di provinsi ke-33 ini.

"Kemarin saya dapat info dari Pak Sailendra (Sekretaris Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Kemendag) bahwa ada lagi program bedah warung. Jadi saya kurang tahu bugetnya berapa perwarung, tapi setiap warung itu bisa direnovasi lewat program tersebut. Itu sementara masih dalam perbincangan kita. Mudah-mudaha, di luar dari bantuan gerobak ini, program bedah warung ini juga bisa masuk ke Sulbar," tutur Andri Prayoga.

Ia menambahkan, potensi menjanjikan bagi para pelaku UMKM jika benar program bedah warung benar-benar bisa diaplikasikan di Sulawesi Barat. Kata Andri, meningkatnya taraf perekonomian pelaku UMKM bukan hal mustahil untuk diwujudkan jika benar program tersebut bisa dibawa ke Sulawesi Barat.

"Ini kalau kita lihat, di setiap pojok pasti ada waruang. Bayangkan jika misalnya program ini bisa masuk, warung pun bisa jadi lebih berkembang. Ini masuk dalam program utama saya yakni peningkatan UMKM," ujarnya.

Hal lain yang juga disinggung Andri Prayoga dalam mendongkrak perekonomian para pelaku UMKM di Sulawesi Barat adalah memaksimalkan kegiatan yang sifatnya membangun kualitas SDM para pelaku UMKM. Bukan hanya dengan memfasilitasi mereka dengan ragam bantuan.

"Oh tentu. Saya juga sudah pernah berbincang dengan Pak Sailendra juga. Beliau mengatakan bahwa bantuan yang akan terus kita upayakan ini bukan hanya sekedar menyalurkan barang saja. Tapi pelatihannya pun juga perlu untuk diberikan. Pada intinya, Kemendag akan membantu apapun itu dalam kaitannya dengan dunia perdagangan, selama diberitahu," terang dia.

"Di sini perlu peranan pemerintah daerah untuk menjemput program-program itu. Termasuk peran dari saya salah satunya sebagai Senator dari Sulawesi Barat untuk menjembatani aspirasi tersebut dalam hal apapun," begitu kata Andri Prayoga Putra Singkarru. (ADV)