Utusan Kesultanan Brunei Darussalam Konfirmasi Kehadirannya di Festival Maradika Mamuju

Wacana.info
Kadis Pariwisata, Sekretaris Festival Maradika Mamuju 2019, Usdi. (Foto/Humas Pemkab Mamuju)

MAMUJU--Even festival Maradika Mamuju bakal digelar dua pekan lagi. Sejumlah utusan kerajaan Nusantara pun telah mengkonfirmasi kehadirannya pada gelaran yang dipusatkan di Anjungan Pantai Manakarra, Rumah Adat Mamuju dan pulau Karampuang itu.

Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Mamuju, Usdi mengungkapkan, sudah ada puluhan utusan kerajaan Nusantara yang memastikan diri untuk hadir pada Festival Maradika Mamuju tahun 2019. Bahkan ada dari luar negeri.

"Dari FSKN (Forum Silaturahmi Keraton Nusantara) tercatat ada 60 kerajaan/kedatuan/kesultanan yang akan hadir. Tiga dari Brunei Darussalam dan empat orang pengurus. Untuk MAKN (Majelis Adat Kerajaan Nusantara) ada 27 kerajaan dan 18 orang pengurus," ujar Usdi kepada WACANA.Info, Senin (2/12).

Pria yang juga sekretaris panitia Festival Maradika Mamuju tahun 2019 itu menambahkan, peserta di atas belum termasuk perwakilan dari Pitu Ulunna Salu (PUS) dan Pitu Ba'bana Binang (PBB).

"Termasuk beberapa perwakilan pemerintah kabupaten," sambung Usdi.

Panitia pelaksana sendiri hingga kini terus merampungkan sejumlah persiapan dalam menjamin kesuksesan Festival Maradika Mamuju tahun 2019. Mulai dari pembekalan LO, persiapan para penampil, serta sederet hal teknis lainnya terus difinalkan jelang even yang rencananya bakal digelar pada 16-19 Desember 2019 itu.

"Masih terus bertambah (peserta). Mungkin dalam satu atau dua minggu kedepan baru bisa difinalkan," tutup Usdi.

Sekedar diketahui, selain menjadi wadah pertemuan perwakilan kerajaan se Nusantara, Festival Maradika Mamuju 2019 juga akan diramaikan dengan ragam kegiatan kepariwisataan lainnya.

Mulai dari kirab budaya, pentas seni, ritual massossor manurung, pameran dan pasar budaya, musyawarah agung (sitamu ujuq), serta toru Karampuang akan jadi deretan agenda di Festival Maradika Mamuju tahun 2019. (*/Naf)