PAN jadi Milik Tina, dengan Catatan...

Wacana.info
Ketua DPD PAN Mamuju, Masramjaya. (Foto/Manaf Harmay)

MAMUJU--Bakal calon Bupati Mamuju, Siti Sutinah Suhardi kini punya modal awal untuk maju di Pemilukada Mamuju tahun depan. Rekomendasi PAN akhirnya berhasil digenggamnya setelah tim Pemilukada nasional DPP PAN menerbitkan rekomendasi itu untuk Sutinah Suhardi.

Ketua DPD PAN Mamuju, Masramjaya mengatakan, keputusan untuk mengusung Siti Sutinah Suhardi telah diambil sejak gelaran Rakor Pemilukada di DPP PAN beberapa waktu lalu. Itu setelah serangkaian proses penjaringan bakal calon Kepala Daerah telah dilakukan pengurus DPD PAN Mamuju.

"Di sana (di tim Pemilukada pusat) sampaikan kesaya soal perkembangan isi hasil rekomendasi Pilkada Mamuju pasca Rakor beberapa waktu lalu. Kemudian disampaikan bahwa Ok, kalau Mamuju sudah siap, karena memang hasil Rakor kita disebutkan di situ bahwa bakal calon kita adalah Sutinah Sutinah Suhardi," beber Masramjaya kepada WACANA.Info, Jumat (29/11).

Ditemui di ruang kerjanya di DPRD Mamuju, Masram menambahkan, rekomendasi PAN yang akhirnya jatuh ke tangan Siti Sutinah Suhardi didasarkan oleh beberapa faktor. Menurut dia, jawaban untuk alasan-alsan itu ada di ranah DPP PAN.

"Tetapi oleh kami dari DPD sudah menyampaikan banyak hal Ike DPP). Bahwa soal Siti Sutinah Suhardi dianggap paling serius membangun komunikasi. Termasuk komitmen untuk membesarkan partai. Dan oleh DPP tidak serta memutuskannya, mereka juga rapatkan di sana," sambung dia.

Rekomendasi PAN untuk Pilkada Mamuju Tatuh ke Siti Sutinah Suhardi. (Foto/istimewa)

Meski begitu, Siti Sutinah Suhardi belum serta merta dapat menggunakan lembar rekomendasi PAN itu untuk keperluan administrasi pendaftaran di KPU. Kata Masram, ada beberapa poin yang terlebih dahulu wajib dipenuhi Tina; sapaan akrab Siti Sutinah Suhardi.

Rekomendasi yang saat ini telah diterbitkan DPP PAN untuk Tina tersebut masih bersifat surat tugas. Buktinya, tandatangan yang melengkapi rekomendasi PAN itu baru dibubuhkan oleh Tim Pemilukada Pusat, DPP PAN; Viva Yoga Mauladi dan Yandri Susanto.

Dalam surat rekomendasi tersebut menugaskan Siti Sutinah Suhardi untuk mencari pasangan sebagai calon Bupati atau calon Wakil Bupati. Termasuk mendapatkan koalisi Parpol lain untui memenui persyaratan pencalonan di Pemilukada 2020, dan melakukan komunikasi intensif dengan DPW, DPD, DPC, dan DPRt PAN untuk menggerakkan mesin partai dan membuat program pemenangan Pemilukada tahun 2020.

Dikatakan Masram, DPP PAN tidak akan mungkin menerbitkan dua rekomendasi berbeda untuk Pemilukada di daerah yang tak mendudukkan kader PAN sebagai bakal calon. Berbeda kasus jika merujuk ke apa yang terjadi di kabupaten Pasangkayu yang mendudukkan dua kader PAN sebagai bakal calon; Arman Salimin dan Uksin.

"Itu boleh keluar rekomendasi lebih dari satu, sepanjang di daerah itu kader yang maju. Di Mamuju kan bukan kader. Maka oleh DPP mengatakan Insya Allah tidak akan ada rekomendasi yang keluar selain ini," tegas Masram yang Ketua Komisi III DPRD Mamuju itu.

Masih oleh Masram, rekomendasi yang kini resmi terbit untuk Siti Sutinah Suhardi itu tetap bakal diperbaharui menyusul rencana Kongres PAN yang direncanakan digelar sebelum pelaksanaan Pemilukada tahun depan.

Siti Sutinah Suhardi Saat Mengembalikan Formulir Pencalonannya di Sekreteraiat Tim Penjaringan DPD PAN Mamuju. (Foto/Manaf Harmay)

"Dan nanti itu akan diperbaharui. Misalnya saja, seandainya Surat Keputusan keluar hari ini Sutinah dengan pasangannya, nanti juga tetap akan diperbaharui, akan dirubah. Sebab untuk masuk di KPU wajib diteken oleh ketua dan sekretaris yang baru," ujarnya.

Hal lain yang juga harus menjadi catatan bagi si pemilik rekomendasi PAN itu, kata Masram, adalah poin-poin penting yang wajib ditindaklanjuti seperti yang sebelumnya telah diurai. Semua kembali berpulang ke Siti Sutinah Suhardi.

"Yang bisa berubah, itu tadi. Apa bila tidak bisa memenuhi syarat itu, poin-poin itu. Kalau salah satunya saja tidak dipenuhi, saya kira itu bisa berubah," pungkas Masramjaya.

Jika tak ada aral melintang, DPD PAN Mamuju akan menyerahkan lembar rekomendasi tersebut langsung kepada bakal calon Siti Sutinah Suhardi. Rencanannya, akan ada seremoni khusus penyerahan rekomendasi itu ke Siti Sutinah Suhardi dalam waktu dekat ini. (Naf/A)