Disdukcapil Mamuju Temukan Warga Bala Balakang Ber-KTP Kalimantan Timur

Wacana.info
Perekaman e-KTP Bagi Warga Kecamatan Bala Balakang. (Foto/Istimewa)

MAMUJU--Dinas kependudukan dan Pencatatabn Sipil (Disdukcapil) kabupaten Mamuju baru saja menyelesaikan agenda tour di tujuh pulau yang ada di kecematan Bala Balakang. 

Agenda tersebut dilakukan sebagai upaya pemerintah kabupaten dalam memenuhi kebutuhan dokumen administrasi kependudukan bagi masayarakat di wilayah perbatasan itu.

Kegiatan Pencatatan Dokumen Kependudukan di Kepulauan Bala Balakang. (Foto/Istimewa)

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Disdukcapil Mamuju, Muh Ikhsan menyebut, data dari 40 orang warga Bala Balakang direkam oleh Disdukcapil Mamuju yang turun lengkap dengan alat perekamnya.

"Karena sebagian masyarakat di sana itu sudah melakukan perekaman sebelumnya. Yang 40 orang memang didominasi usia 17 tahun," papar Ikhsan kepada WACANA.Info, Senin (4/11).

Selama lima hari perjalan, tim Disdukcapil kabupaten Mamuju mendatangi tujuh pulau berpenghuni yang ada di kecamatan Bala Balakang. Tujuh pulau itu masing-masing; Ambo, Seloan, Labia, Popoongan, Salissingan dan Saboyang.

Sosialisasi Tentang Pentingnya Dokumen Kependudukan Bagi Generasi Muda di Kecamatan Bala Balakang. (Foto/Istimewa)

"Selain perekaman e-KTP, kami juga mengerjakan pemenuhan dokumen kependudukan lainnya seperti Kartu Keluarga sebanyak 27 dan Akta Kelahiran sebanyak 9, serta Surat Keterangan Pindah (SKP) 2. Kami juga turun dengan agenda pemutakhiran data penduduk," urai dia.

Ada yang menarik dari perjalanan tim Disdukcapil kabupaten Mamuju ke wilayah kecamatan Bala Balakang. Tim yang dipimpin oleh Muh Ikhsan itu juga menemukan beberapa warga Bala Balakang yang mengantongi e-KTP Kalimantan Timur. 

"Ada, tapi tidak seberapa saja. Rata-rata mereka mengantongi identitas Kalimantan Timur karena sebagian besar aktivitasnya memang ada di provinsi lain. Ada juga yang karena berangkat Haji via Kalimantan Timur," begitu kata Muh Ikhsan. 

Selain disibukkan dengan ragam agenda pemenuhian dokumen kependudukan, tim Disdukcapil Mamuju juga mensosialisasikan apa dan bagaimana dokumen kependudukan itu kepada masyarakat kecamatan Bala Balakang, khususnya bagi generasi muda. (Naf/B)