NasDem Pemenang, tapi Tak Punya Figur di Posisi Strategis AKD DPRD Mamuju, Kok Bisa ?

Wacana.info
Pelantikan Pimpinan Definitif DPRD Mamuju. (Foto/Humas Pemkab Mamuju)

MAMUJU--Tak ada 'orang NasDem' di jabatan strategis pada komposisi Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Mamuju. Fakta tersebut tak berkesesuaian dengan raihan NasDem yang jadi mayoritas di lembaga legislatif di kabupaten Mamuju itu.

Apa yang disepakati di atas rupanya di luar sepengatahuan Ketua DPRD Mamuju, Azwar Anshari Habsi. Ia pun membuka kemungkinan untuk merevisi komposisi AKD yang sebelumnya telah diputuskan di forum resmi DPRD Mamuju.

Kepada wartawan, Azwar bahkan menegasakan, kesepakatan di internal DPRD Mamuju atas komposisi AKD itu terkesan dipaksakan. Betapa tidak, ia merasa tak pernah menyerahkan kewenangan untuk membahas AKD ke pimpinan DPRD Mamuju lainnya.

"Saya masih di Filipina waktu itu. Terkait hasil proses itu, saya tidak tahu menahu. Belum ada hasil menurut saya, karena saya tidak terlibat dalam proses penentuan AKD di DPRD. Saya merasa tidak pernah menyerahkan kewenangan (untuk membahas dan menetapkan AKD) itu ke Wakil Ketua," beber Azawar Anshari Habsi, Kamis (31/10).

Azwar yang putra Bupati Mamuju, Habsi Wahid itu menyebut, dirinya hanya mengetahui proses sampai penetapan AKD untuk dua posisi saja; Ketua Komisi I dan Badan Kehormatan. Selebihnya, Azwar sama sekali tak tahu menahu.

Selanjutnya, Azwar bakal melihat beberapa celah, utamanya dalam hal merevisi atau meninjau kembali keputusan komposisi AKD di DPRD Mamuju itu. 

"Nanti kita lihat regulasinya seperti apa. Setahu saya, di DPRD ini tentu harus ada persetujuan dari pimpinan dalam hal ini Ketua untuk membahas semua agenda-agenda DPRD," cetus Azwar Anshari Habsi yang Sekretaris DPD NasDem Mamuju itu.

"Kalau toh aturannya kita bisa merevisi paripurna yang sudah diparipurnakan terkait AKD, yah kita akan revisi. Ditinjau kembali jika memang itu tidak sesuai dengan ketentuan Undang-Undang atau dengan Peraturan Pemerintah yang ada," sambung dia.

Masih Azwar, hanya ada dua AKD yang dimatanya sah; Ketua Komisi I dan Badan Kehormatan. Itu karena hanya dua AKD itu yang sempat diikuti prosesnya oleh Ketua DPRD Mamuju itu.

"Terkait (AKD) yang lain, karena saya berangkat ke Filipina, pada saat itu sidang kita skorsing dan menyerahkan palu sidang ke Wakil Ketua. Kemudian Wakil Ketua membahas AKD lanjutan," urainya.

"Kita pelajari dulu lah, Kalau toh memang konstitusional yah kita jalankan. Kalau tidak konstitusional, kita pelajari aturannya dan kita akan revisi," pungkas Azwar Anshari Habsi.

Komposisi AKD DPRD Mamuju, Inilah yang Ada...

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Mamuju Andi Dodi Hermawan mengaku, proses pendistribusian legislator Mamuju di lima AKD yang ada memang berlangsung alot.

"Inilah yang ada. Walaupun sempat berjalan alot, tapi tetap kita laksanakan secara kekeluargaan. Adapun permasalahan di dalam rapat, itu saya rasa hanya dinamika forum. Dan juga proses pendewasaan dalam berdemokrasi," beber Andi Dodi belum lama ini.

NasDem, sang pemenang Pemilu di Mamuju itu tak kebagian satu pun posisi strategis di AKD. Dimata Andi Dodi, hal tersebut adalah kesepakatan bersama di internal DPRD.

Wakil Ketua DPRD Mamuju, Andi Dodi Hermawan. (Foto/Net) 

"Kan tidak mungkin semua Fraksi bisa masuk menjabat AKD karena hanya lima jabatan. Dan sudah menjadi konsekuensi," pungkas Andi Dodi Hermawan, pria yang juga Ketua DPC Hanura Mamuju itu.

Berikut komposisi AKD di DPRD Mamuju:

Komisi I
Ketua Komisi : H Sugianto (Golkar/ Fraksi Karya Perjuangan Sejahtera)
Wakil Ketua : Ramliati (Demokrat/ Fraksi Demokrat Pembangunan)
Sekretaris : Ferly Semponanan (Perindo/Fraksi Nasional Demokrat Indonesia)

Komisi II
Ketua Komisi: Mahyuddin (Demokrat/ Fraksi Demokrat Pembangunan)
Wakil Ketua : Andi Zulfahmi Hermawan (Hanura/ Fraksi Hanura Berbintang)
Sekretaris : Sugianto (Gerindra/ Fraksi Gerindra)

Komisi III
Ketua Komisi : Masram Jaya (PAN/ Fraksi PAN)
Wakil Ketua : Asdar (PKS/ Fraksi Karya Perjuangan Sejahtera)
Sekertaris : Idrus Arifin (PPP/ Fraksi Demokrat Pembangunan)

Bapemperda
Ketua : Marvei Parasan (Hanura/ Fraksi Hanura Berbintang)
Wakil : Ado Mas’ud (PDIP/ Fraksi Karya Perjuangan Sejahtera)

Badan Kehormatan
Ketua : Reza Morunga.

(*/Naf)