SDK di Komisi IV DPR RI, DPRD Sulbar Antusias

Wacana.info
Abdul Halim dan Sukri Umar. (Foto/Manaf Harmay)

MAMUJU--DPRD Sulawesi Barat cukup antusias dengan komposisi legislator asal provinsi ke-33 ini di Senayan. Suhardi Duka (SDK), Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat yang duduk di Komisi IV DPR RI diapresiasi DPRD Sulawesi Barat.

Wakil Ketua DPRD Sulawesi Barat, Abdul Halim menjelaskan, Komisi IV yang membidangi pertanian, perikanan kelautan, lingkungan hidup dan kehutanan serta Bulog itu berkesesuaian dengan kondisi mayoritas masyarakat Sulawesi Barat. 

Diyakini Halim, SDK bakal mampu berkontribusi dalam memaksimalkan perannya untuk menggenjot sektor pertanian serta kelautan perikanan di Sulawesi Barat.

"Yang harus dipahami sekarang adalah, Beliau (Suhardi Duka) bukan lagi representasi partai. Beliau di DPR RI itu sudah mewakili masyarakat Sulbar. Tentu akan kita manfaatkan, apalagi masyarakat kita kebanyakan menggantungkan hidunya dari sekotr pertanian dan keluatan," ujar Abdul Halim, politisi PDI Perjuangan itu.

Suhardi Duka. (Foto/Manaf Harmay)

Mewakili lembaga legislatif di Sulawesi Barat, Halim mengaku bersyukur atas posisi SDK di DPR RI itu. Terlebih, SDK juga tercatat menduduki jabatan Sekretaris Kelompok Badan Anggaran dari Fraksi Demokrat di DPR RI.

"Kita tentu bersyukur Beliau berada di Komisi IV. Tentunya, kami di DPRD akan berkoordinasi dengan teman-teman khususnya yang ada di Komisi II bagaimana kita bisa menggandeng mitra kerja kita dalam hal ini Dinas Pertanian dan Dinas Kelautan Perikanan untuk mengekspos apa yang menjadi kendala kita. Bagaimana kita memanfaatkan keberadaan Beliau di Komisi IV. Setidaknya ada support anggaran dari pusat untuk memecahkan masalah kita," beber Halim yang ditemui di sela-sela aktivitasnya di gedung DPRD Sulawesi Barat.

"Karena kita tahu persis, kalau hanya mengandalkan APBD saja tidak cukup. Kami yakin, Beliau orangnya komitmen dan punya kapasitas untuk memperjuangkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat kita khususnya di sektor pertanian, perikanan dan kelautan," tutup Abdul Halim.

Punya Hubungan yang Baik dengan Menteri Pertanian

Hal yang juga bikin DPRD Sulawesi Barat cukup mengapresiasi posisi SDK di DPR RI tersebut adalah kedekatan emosional Ketua DPD Demokrat Sulawesi Barat itu dengan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Ketua Komisi II DPRD Sulawesi Barat, Sukri Umar menyebut, fakta tersebut sedikit banyaknya bakal berpengaruh pada porsi bantuan di sektor pertanian bagi masyarakat di Tanah Malaqbi ini. 

"Hubungan yang sejak dulu terbina dengan cukup baik itu tentu akan mempermudah komunikasi Pak SDK dengan Pak Menteri. untuk mendorong seluruh potensi yang ada khususnya di Sulbar ini. Pak SDK akan punya kemudahan dalam membangun komunikasi dengan Kementerian Pertanian," beber Sukri Umar kepada WACANA.Info.

Belum laga tentang fakta bahwa Syahrul Yasin Limpo sebagai representasi orang Sulawesi di jajaran kabinet Indonesia Maju di bawah komando Joko Widodo-MK Ma'ruf Amin yang tentu akan memberi pengaruh positif pada tumbuh kembang sektor pertanian di Sulawesi Barat.

"Termasuk dengan Pak Gubernur kita. Mereka ini kan sama-sama kita tahu besar di generasi yang sama. Insya Allah ke depan kita akan mendaoat porsi anggaran yang lebih," sambung politisi partai Demoktrat itu.

"Pak Presiden juga kami yakini akan memberi perhatikan khusus ke kita di Sulbar ini. Sebab bagaimana pun, Sulbar jadi provinsi penyumbang suara besar ke Joko Widodo saat Pilpres kemarin," simpul Sukri Umar. 

Selaim Suhardi Duka, tiga Anggota DPR RI asal Sulawesi Barat lainnya juga sudah diplot ke masing-masing Komisi di Senayan sana. Mereka diantaranya, Andi Ruskati dari Fraksi Gerindra duduk di Komisi IX, Arwan Aras yang Fraksi PDI Perjuangan di Komisi VIII, serta Ratih Megasari Singkarru asal Fraksi NasDem yang diplot ke Komisi X. (Naf/A)