Akan jadi Oposisi Lembut atau Keras, Demokrat Tentukan Sikap Malam Ini

Wacana.info
Ketua DPD Demokrat Sulbar, Suhardi Duka. (Foto/Manaf Harmay)

MAMUJU--Partai Demokrat baru akan menentukan posisinya di parlemen malam ini. 

Ketua DPD Demokrat Sulawesi Barat, Suhardi Duka menyebut, sikap Fraksi Demokrat di DPR RI akan diputuskan di forum pertemuan khusus yang digelar di kediaman Ketua Umum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Jawa Barat, Rabu (30/10) malam.

Ditemui di kediaman pribadinya, Selasa (29/10) kemarin, SDK (sapaan akrab Suhardi Duka) menjelaskan, seluruh anggota Frais Demokrat di DPR RI akan dilibatkan pada pertemuan itu. 

Termasuk seluruh Ketua DPD Demokrat se-Indonesia yang juga dijadwalkan hadir.

"Apakah kita oposisi lembut atau oposisi keras. Itu ditentukan malam ini di Cikeas," papar SDK, pria yang anggota Komisi IV DPR RI itu.

Saat ini, SDK tengah dalam perjalanan kembali ke Jakarta setelah sebelumnya menghadiri sejumlah agenda di provinsi ke-33 ini.

"Ada beberapa Ketua DPD yang diwakilkan. Karena informasinya, mereka harus mengikuti agenda penting lainnya yang waktunya bersamaan," ujar dia.

Menarik menunggu sikap Demokrat di parlemen pasca Presiden Joko Widodo memutuskan beberapa nama sebagai Menteri di sejumlah Kementerian yang ada, termasuk jabatan Wakil Menteri.

Gerindra sebagai motor utama Komopetitor Joko Widodo di Pilpres April lalu, oleh Joko Widodo, memperoleh dua kursi Menteri. Masing-masing Prabowo Subianto di Menteri Pertahanan serta Menteri Kelautan dan Perikanan yang dijabat Edhy Prabowo.

Demokrat sebelumnya santer dikabarkan bakal merapat ke pemerintah menyusul serangkaian pertemuan yang dilakukan baik oleh Susilo Bambang Yudhoyono sendiri, maupun oleh Agus Harimurti Yudhoyono dengan Joko Widodo.

Meski di ujung seperti diketahui, tak ada satu pun kader Demokrat yang diakomodir Joko Widodo untuk memimpin satu Kementerian yang ada.

"Malam ini baru kita bisa tahu, bagaimana sikap Demokrat di parlemen," pungkas SDK. (Naf/A)